Jangan Sepelekan Pelapis Carport

Rabu, 13 Desember 2017 - 13:19 WIB
Jangan Sepelekan Pelapis Carport
Jangan Sepelekan Pelapis Carport
A A A
JAKARTA - Salah satu syarat lantai carport adalah kuat namun tidak licin agar aman untuk landasan kendaraan. Selain berfungsi sebagai tempat menyimpan kendaraan, carport juga dijadikan sebagai pelindung kendaraan yang terparkir di depan rumah. Karena itu, carport harus dibuat dengan perencanaan matang.

Salah satu elemen yang harus Anda perhatikan saat merancang carport adalah material yang digunakan, khususnya material lantai carport.

Menurut arsitek Deni Indra, lantai carport tidak hanya berfungsi sebagai landasan kendaraan, tetapi juga dilalui pemilik rumah saat akan menaiki kendaraan. Itu sebabnya, dalam membuat lantai carport harus memilih material yang kasar.

Salah satu material yang bisa digunakan untuk membuat area carport, yaitu paving block . Material ini memang sering digunakan sebagai pengeras lantai carport. Material ini terbuat dari beton yang dicetak berbentuk heksagonal.

“Selain kokoh, paving block atau grass block punya permukaan yang kasar dan mudah saat pemasangannya. Jika terjadi kerusakan, cukup mengangkat bagian yang rusak dan diganti yang baru tanpa harus membongkar keseluruhan area,” kata Deni.

Bahan material selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat carport adalah batu alam. Jenis andesit ini tak hanya cocok untuk merancang kolam ikan atau water wall di rumah.

Andesit pun dapat diaplikasikan pada lantai carport karena punya banyak kelebihan, seperti memiliki pori-pori yang rapat dan tidak mudah ditumbuhi lumut atau jamur.

“Ukuran batu andesit yang ideal dipakai, yakni dengan lebar 30 sampai 60 cm dan ketebalannya 3 sampai 4 cm. Sayangnya, harga batu andesit lumayan mahal, yakni Rp135.000 sampai Rp160.000,” kata Deni.

Koral sikat menjadi material yang kerap digunakan untuk lantai carport. Bahannya tak licin membuatnya cocok digunakan sebagai jalan setapak di luar rumah.

Material ini bisa dibentuk dan diberi motif apa saja sesuai dengan konsep lantai carport. Ada banyak pilihan warna koral sikat yang bisa Anda gunakan di lantai carport, seperti hitam, abu-abu, putih, dan merah.

“Biasanya, material ini dijual dengan harga yang lumayan murah sekitar Rp60.000/ karung. Sebaiknya pilih ukuran batu dengan diameter 2 sampai 3 cm,” ujar Deni. (Aprilia S Andyna)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9342 seconds (0.1#10.140)