Pertempuran Sengit Pecah di Gaza, Israel: Kami Akan Lenyapkan Hamas

Jum'at, 01 Desember 2023 - 15:22 WIB
loading...
Pertempuran Sengit Pecah di Gaza, Israel: Kami Akan Lenyapkan Hamas
Pertempuran sengit pecah di Jalur Gaza setelah Israel kembali menyerang wilayah itu setelah mengeklaim diserang roket. Foto/SCMP
A A A
JALUR GAZA - Israel kembali melanjutkan operasi militernya terhadap Hamas di Jalur Gaza pada Jumat (1/12/2023). Negara Zionis itu menuduh Hamas telah menembakkan roket ke Israel dan mengingkari kesepakatan untuk membebaskan semua perempuan yang disandera, dan melanggar perjanjian gencatan senjata sementara yang disepakati keduanya.

Sebelumnya jeda selama tujuh hari, yang dimulai 24 November dan diperpanjang dua kali, memungkinkan terjadinya pertukaran puluhan sandera yang ditahan di Gaza dengan ratusan tahanan Palestina dan memfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan ke jalur pantai yang hancur.

Satu jam sebelum gencatan senjata berakhir pada pukul 7 pagi waktu setempat, Israel mengatakan pihaknya mencegat sebuah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza.

Belum ada pernyataan langsung dari Hamas atau pihak yang mengaku bertanggung jawab atas peluncuran roket tersebut.



Media Palestina dan Kementerian Dalam Negeri Gaza melaporkan serangan udara dan artileri Israel di wilayah kantong tersebut setelah gencatan senjata berakhir, termasuk di Rafah, dekat perbatasan dengan Mesir.

Di Khan Younis, Jalur Gaza selatan, seorang saksi Reuters mengatakan dia mendengar suara tembakan keras dan melihat asap membubung di timur kota. Orang-orang meninggalkan daerah tersebut ke kamp-kamp di sebelah barat Khan Younis untuk mencari perlindungan, tambahnya.

Al-Jazeera melaporkan sejumlah orang tewas dan terluka akibat serangan dan penembakan Israel.

Gambar di media sosial menunjukkan kepulan asap hitam membubung di atas kamp Jabalia yang padat di Gaza.

Militer Israel mengonfirmasi bahwa jet-jetnya menyerang sasaran Hamas di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)