Waspada Garis Putih di Kuku Bukan Tanda Ada yang Kangen, tapi Kurang Zat Gizi

Sabtu, 02 Desember 2023 - 11:30 WIB
loading...
Waspada Garis Putih di Kuku Bukan Tanda Ada yang Kangen, tapi Kurang Zat Gizi
Muncul garis putih di kuku dipercaya sebagai tanda seseorang sedang kangen dengan Anda. Namun, hal ini hanyalah mitos lantaran ada alasan medis yang mendasari. Foto/Real Simple
A A A
JAKARTA - Muncul garis putih di kuku dipercaya sebagai tanda seseorang sedang kangen dengan Anda. Namun, hal ini hanyalah mitos lantaran ada alasan medis yang mendasari dari kondisi ini.

Selebgram sekaligus dokter, dr Nadia Alaydrus mengatakan bahwa banyak orang salah paham dengan munculnya garis putih di kuku. Bahkan, ada yang percaya bahwa munculnya garis putih pada kuku kanan merupakan tanda seseorang menyukai Anda.

Namun dalam istilah medis, garis putih di kuku disebut leukonychia partialis. Meski demikian, kondisi ini tidak berbahaya.



Hanya saja, hal tersebut menandakan kondisi tertentu. Salah satunya kekurangan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Ini adalah kondisi di mana adanya bintik putih pada kuku. Kalau cuma sebagian disebut leukonychia partialis," kata dr Nadia seperti dikutip dari TikTok @nadialaydrus, Sabtu (2/12/2023).

"Bisa jadi kekurangan zat gizi, yang paling sering kekurangan itu zinc dan kalsium,” sambungnya.



Selain itu, munculnya garis putih di kuku juga disebabkan karena cedera. Di mana kuku terkena benda yang keras dan tumpul sehingga menyebabkan tanda tersebut.

“Atau kuku kamu mengalami cedera karena biasanya suka nggak sadar, kayak kepentok benda yang tumpul atau sesuatu yang keras," jelasnya.

Penyebab lainnya dari garis putih pada kuku adalah karena onikomikosis. Ini merupakan kondisi ketika muncul jamur pada kuku. Biasanya jamur ditandai dengan munculnya garis putih lebih banyak dan lebih dari satu jari.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)