7 Fakta Unik Kutub Selatan, Tempat Terdingin di Bumi

Sabtu, 02 Desember 2023 - 11:31 WIB
loading...
7 Fakta Unik Kutub Selatan, Tempat Terdingin di Bumi
Kutub Selatan memiliki banyak sekali fakta menarik yang bisa diketahui. Foto: Live Science
A A A
JAKARTA - Kutub Selatan atau dengan nama lain Kutub Janubi, menjadi tempat terdingin di bumi mengalahkan Kutub Utara. Rumah bagi para penguin ini terletak di ujung selatan bumi dan merupakan sumbu bumi.

Kutub Selatan dan Kutub Utara memang sama-sama berada di bagian paling ujung bumi. Tapi, Berbeda dengan Kutub Utara yang sudah cukup sering dijamah manusia, Kutub Selatan masih jarang tersentuh manusia dan tidak memiliki populasi tetap.

Salah satu fakta unik Kutub Selatan adalah Kutub ini merupakan tempat terdingin di bumi, mengapa demikian? Dilansir dari laman Live Science, alasan utama Kutub Selatan jauh lebih dingin dari Kutub Utara adalah karena Kutub Utara merupakan daerah perairan yang suhunya dapat dengan mudah naik dan turun.

Sedangkan Kutub Selatan merupakan sebuah tanah (benua) yang suhunya tidak dapat dengan mudah berubah. Ingin tahu fakta unik lainnya? Berikut 7 Fakta Unik Kutub Selatan, Tempat Terdingin di Bumi! Dirangkum dari laman Aurora Expeditions:

1. Kutub Selatan adalah gurun

Mungkin merupakan fakta mengejutkan bahwa Kutub Selatan adalah sebuah gurun. Gurun dalam hal ini bukan selalu berarti daerah berpasir yang panas, Kutub Selatan juga dapat disebut sebagai gurun karena Kutub ini termasuk daerah yang kering dengan curah hujan yang sangat rendah. Hal ini menguatkan fakta bahwa Kutub Selatan merupakan sebuah gurun kutub.

2. Tidak memiliki zona waktu
7 Fakta Unik Kutub Selatan, Tempat Terdingin di Bumi

Berbeda dengan negara-negara lain yang memiliki zona waktu yang jelas, Kutub Selatan tidak demikian. Garis bujur yang memberikan waktu berbeda di setiap negara, di Kutub Selatan hanya bertemu pada satu titik, hal itulah yang menyebabkan Kutub ini tidak memiliki zona waktu yang tepat. Para peneliti yang bekerja di sana kerap menggunakan zona waktu dari tempat mereka berasal sebagai acuan waktu di Kutub Selatan.

3. Semua arah adalah utara

Bila kita berada di Kutub Selatan, kita berada pada titik paling selatan di bumi. Kemanapun kita melihat atau menuju, semua arah adalah utara.

4. Kutub Selatan tadinya sama hangatnya dengan Melbourne saat ini

Meskipun saat ini Kutub Selatan menjadi tempat terdingin di dunia, Kutub Selatan pernah bersuhu hangat seperti Melbourne pada masa kini. Para peneliti mengestimasikan bahwa 40-50 juta tahun lalu suhu di Kutub Selatan pernah mencapai 17℃. Mereka juga menemukan fosil yang menunjukkan bahwa Kutub Selatan juga pernah diselimuti hutan yang hijau dan sempat dihuni oleh dinosaurus.

5. Memiliki gunung vulkanik yang aktif

Kutub Selatan ternyata masih memiliki beberapa gunung vulkanik dan dua diantaranya masih aktif. Gunung vulkanik tersebut adalah Mount Erebus di Ross Island dan satu lagi berada pada Deception Island, sebuah volcanic caldera di South Shetland Island.

6. Menyimpan sebagian besar air bersih di bumi
7 Fakta Unik Kutub Selatan, Tempat Terdingin di Bumi

Kutub Selatan diketahui menyimpan 60-90% air bersih yang terletak di lapisan es yang sangat besar dan luas. Lapisan es Kutub Selatan merupakan yang terbesar di bumi, luasnya mencapai 14 juta km^2 hingga menyelimuti pegunungan, lembah, dan dataran tinggi Antartika. Bila lapisan es tersebut mencair, diperkirakan bisa meningkatkan permukaan laut hingga 60 meter atau sekitar 200 kaki.


7. Diamond dust yang beterbangan di udara

Diamond dust atau debu berlian terbuat dari kristal es yang mengendap dari udara lembab di permukaan bumi, seperti kabut es. Ketika kristal es tersebut menempel di udara, pancaran sinar matahari membuatnya berkilauan. Inilah yang membuat efek seperti ada jutaan berlian yang melayang di udara.

MG/Miracle Tania
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)