6 Makanan Khas Indonesia Terbuat dari Serangga, Berani Mencobanya?

Sabtu, 02 Desember 2023 - 12:00 WIB
loading...
6 Makanan Khas Indonesia Terbuat dari Serangga, Berani Mencobanya?
Makanan khas Indonesia yang terbuat dari serangga sangat unik. Kuliner ini menggunakan serangga seperti laron, belalang, hingga ulat menjadi bahan dasarnya. Foto/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Makanan khas Indonesia yang terbuat dari serangga terbilang sangat unik. Tak tanggung-tanggung, kuliner ini menggunakan serangga seperti laron, larva capung, belalang, tawon, hingga ulat menjadi bahan dasarnya.

Meski menggunakan bahan dasar tidak biasa, kuliner ini memiliki rasa yang enak, begitu juga dengan teksturnya lantaran ditambahkan dengan berbagai bumbu. Selain itu, makanan khas Indonesia yang terbuat dari serangga ini diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Mulai dari digoreng menjadi peyek, hingga dijadikan botok. Biasanya, makanan ini bisa ditemukan banyak di daerah-daerah di Indonesia dan menjadi salah satu makanan khas setempat yang wajib dicicipi. Berani untuk mencobanya?

Makanan Khas Indonesia Terbuat dari Serangga



Berikut deretan makanan khas Indonesia yang terbuat dari serangga seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/12/2023).



1. Peyek Laron

6 Makanan Khas Indonesia Terbuat dari Serangga, Berani Mencobanya?

Foto/Cookpad

Laron merupakan salah satu serangga yang keberadaannya ini terkadang dianggap cukup mengganggu. Namun di daerah Jawa Timur, khususnya saat musim penghujan, laron kerap diolah menjadi camilan peyek.

Laron diyakini bergizi dengan rasa yang mirip dengan kacang setelah dimasak. Kendati demikian, laron tidak disarankan untuk dikonsumsi secara mentah karena dapat menimbulkan beberapa efek samping berbahaya bagi tubuh, seperti gangguan saluran pencernaan berupa diare.

2. Sayok

6 Makanan Khas Indonesia Terbuat dari Serangga, Berani Mencobanya?

Foto/Pinterest Tri Lokon
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)