Freeport Indonesia Resmikan Listrik Masuk Kampung di Mimika

Selasa, 19 Desember 2017 - 22:33 WIB
Freeport Indonesia Resmikan Listrik Masuk Kampung di Mimika
Freeport Indonesia Resmikan Listrik Masuk Kampung di Mimika
A A A
JAKARTA - PT Freeport Indonesia (PTFI) meresmikan program listrik masuk kampung di Distrik Mimika Timur Jauh, Kabupaten Mimika, Papua. Listrik masuk kampung ini beroperasi di tiga kampung, yaitu Omawita, Fanamo dan Otakwa.

Peresmian listrik di tiga kampung ini ditandai secara simbolis, dengan menghidupkan saklar lampu bersama-sama oleh Manager Community Economic Development (CED) PTFI, Yohanes Bewahan dan Kepala Distrik (Kadistrik) Mimika Timur Jauh, Yan Muabai di Pendopo Pastoran Omawita dan Otakwa.

Yohanes Bewahan mengatakan total ada sembilan genset dengan kapasitas 5.000 kilovolt ampere (kVA) yang diberikan oleh PTFI. "Genset ini kami hibahkan sepenuhnya kepada masyarakat tiga kampung ini, karena kita tahu listrik merupakan kebutuhan sangat fundamental. Dengan adanya listrik ini akan mendukung kemajuan warga, khususnya untuk pendidikan anak-anak di sini," kata Yohanes dalam siaran pers yang diterima SINDOnews di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Yohanes berharap, fasilitas yang ada ini dapat dijaga dengan baik sehingga bisa digunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan bersama. Karena fasilitas ini sudah ditunggu sejak lama, jadi harus dijaga agar tetap beroperasi sehingga mampu menunjang kemandirian masyarakat di tahun-tahun mendatang.

Kadistrik Mimika Timur Jauh, Yan Muabai berharap para tenaga yang sudah dilatih di tempat ini dapat menjaga operasional genset dengan baik dan selalu memperhatikan ketersediaan solar. Selain itu jika ada bantuan-bantuan seperti harus selalu di jaga dengan baik.

Satu unit genset dapat memenuhi kebutuhan listrik untuk 35-40 unit rumah. Untuk pengoperasian dan perawatan genset ini selanjutnya akan diserahkan kepada Kadistrik Mimika Timur Jauh, selanjutnya dikelola oleh Kepala Kampung setempat.

"Kedepannya PTFI melalui Tim CED masih tetap melakukan pendampingan, terutama untuk bantuan transportasi bahan bakar genset dari Timika ke tiga kampung," kata Yohanes.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6230 seconds (0.1#10.140)