Pemerintah Terus Dorong Kemudahan Usaha Industri Kecil

Rabu, 20 Desember 2017 - 20:28 WIB
Pemerintah Terus Dorong Kemudahan Usaha Industri Kecil
Pemerintah Terus Dorong Kemudahan Usaha Industri Kecil
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya untuk mendorong kemudahan berusaha bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini sejalan dengan Paket Kebijakan Ekonomi XII.

(Baca Juga: Industri Kecil dan Menengah Dipermudah Impor Bahan Baku)

Salah satu kemudahan tersebut mencakup industri kecil menengah (IKM) melalui penyederhanaan prosedur dan perizinan, penurunan biaya, dan percepatan waktu penyelesaian atas beberapa aspek.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan, untuk tetap memberikan stimulus positif dengan tetap memenuhi syarat administrasi tata niaga maupun dalam hal tinansial untuk importasi skala besar bagi IKM, pemerintah telah menciptakan aturan yang dituiukan untuk memberikan relaksasi kepada IKM.

"Beberapa peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian atau Lembaga dicoba untuk direlaksasikan sebagai bentuk dukungan terhadap IKM," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Sri Mulyani menjelaskan, langkah nyata yang diambil pemerintah dalam menciptakan dukungan terhadap IKM ditempuh dengan menyediakan paket-paket regulasi baru.

"Ini bertujuan untuk merelaksasi ketentuan tata niaga terkait impor bahan baku untuk keperluan IKM serta membuka kemudahan tata niaga impor barang IKM," jelas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3483 seconds (0.1#10.140)