Indeks Pefindo i-Grade Berisi Emiten Peringkat Layak Investasi

Kamis, 21 Desember 2017 - 11:55 WIB
Indeks Pefindo i-Grade Berisi Emiten Peringkat Layak Investasi
Indeks Pefindo i-Grade Berisi Emiten Peringkat Layak Investasi
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Salyadi Saputra mengatakan, Indeks Pefindo i-Grade merupakan indeks saham yang terdiri atas saham-saham pilihan dari 30 perusahaan tercatat atau emiten.

(Baca Juga: BEI Punya Tiga Indeks Saham Baru)

Emiten tersebut merupakan yang mendapatkan peringkat Investment Grade dari Pefindo. Indeks Pefindo i-Grade merupakan hasil kerja sama antara BEI dengan Pefindo.

"Indeks Pefindo i-Grade dipilih dari saham perusahaan-perusahaan tercatat yang mendapatkan peringkat Investment Grade atau peringkat idAAA sampai idBBB- dari Pefindo," ujarnya di Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Selanjutnya, kata Salyadi, indeks Pefindo i-Grade dipilih 30 saham menggunakan kriteria likuiditas dan ukuran kapitalisasi pasar. Selain itu, pemilihan saham-saham yang menjadi konstituen indeks Pefindo i-Grade juga memerhatikan kriteria kepatuhan dan indikasi manipulasi perdagangan.

"Ini dilihat dari jumlah sanksi suspensi perdagangan dan indikator Unusual Market Activity (UMA) di BEI," tutur dia.

Peninjauan berkala atas konstituen Indeks PEFINDO i-Grade juga dilakukan setiap enam bulan, yaitu Mei dan Desember. Selanjutnya, akan diperbarui setiap Hari Bursa pertama pada Januari dan Juni. Indeks ini menggunakan Hari Dasar pada 28 Desember 2012 dengan indeks awal 100 poin.

Adapun metode penghitungan ketiga indeks baik Indeks IDX SMC Composite, Indeks IDX SMC Liquid, maupun Indeks Pefindo i-Grade menggunakan kapitalisasi pasar sebagai bobot harga saham.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7903 seconds (0.1#10.140)