Benjie Yap Jadi Bos Baru Unilever Indonesia, Begini Sepak Terjangnya

Senin, 04 Desember 2023 - 10:56 WIB
loading...
Benjie Yap Jadi Bos Baru Unilever Indonesia, Begini Sepak Terjangnya
Benjie Yap. Foto/LinkedIn
A A A
JAKARTA - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mengusulkan Benjie Yap untuk menempati kursi presiden direktur UNVR terbaru, menggantikan posisi Ira Noviarti yang mengundurkan diri pada 29 November lalu. Rekomendasi perseroan bakal disetujui melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 19 Desember 2023 mendatang.

Benjie Yap bukan orang baru dalam ekosistem perusahaan. Saat ini pria lulusan Chiang Kai Shek College (1980-1986) itu menjabat sebagai Chairman di Unilever Philippines, Inc.

“Benjie memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di Unilever dan telah menduduki berbagai posisi di bidang supply chain, marketing, dan customer development,” terang manajemen UNVR, Senin (4/12/2023).

Sebelum berada di posisi strategisnya sekarang, awalnya Benjie bergabung dengan Unilever sebagai technical management trainee pada tahun 1994 dengan tugas awal pada bagian manufaktur, teknik, R&D, dan pengembangan kemasan.

Selanjutnya, ia naik tugas dengan bergabung menjadi bagian marketing sebagai marketing director of home care pada tahun 2001. Waktu berjalan, Benjie bergabung dengan dewan direksi nasional Unilever Philippines, Inc sebagai foods managing director, VP for home care and foods, dan VP for Customer Development.

“Benjie Yap juga mengambil peran internasional sebagai product development manager di Port Sunlight UK pada tahun 1999 dan sebagai VP home care Unilever Thailand pada tahun 2009,” paparnya.

Segudang prestasi berhasil diraih olehnya, antara lain IABC CEO Excel Award pada tahun 2007 dan AGORA Outstanding Achievement Award for Marketing Management pada tahun 2015. Sejak tahun 2021, Benjie menjadi bagian dari Globe’s Business Council dan saat ini juga duduk sebagai anggota dewan penasihat Fakultas Teknik Universitas De La Salle.

Benjie juga diakui sebagai salah satu alumni terbaiknya, ia lulus dari Universitas De La Salle dengan gelar BS Industrial Engineering dan studi minor Mechanical Engineering.

Sebelumnya manajemen UNVR menyampaikan bahwa pergantian sejumlah pengurus direksi merupakan bagian dari proses organik untuk mengembangkan talenta terbaik lintas-afiliasi perseroan, sekaligus upaya penyegaran kepemimpinan.

Selain Ira, UNVR bakal mengangkat tiga Ddrektur lainnya. Perseroan saat ini dalam tahap seleksi kandidat pengganti untuk ketiga posisi tersebut.



“Perseroan akan menginformasikan kandidat direktur yang akan ditunjuk melalui mekanisme rapat umum pemegang saham sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan kebutuhan Perseroan,” tegas manajemen.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)