11 Universitas yang Membuka Kuliah S2 Online, Cocok Bagi Mahasiswa Sambil Kerja

Senin, 04 Desember 2023 - 12:13 WIB
loading...
11 Universitas yang Membuka Kuliah S2 Online, Cocok Bagi Mahasiswa Sambil Kerja
Salah satu universitas yang membuka kuliah S2 online adalah Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Esa Unggul. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 11 universitas yang membuka kuliah jenjang S2 secara online. Kamu berminat melanjutkan jenjang studi pascasarjana dengan tetap sambil bekerja? Salah satu solusinya adalah dengan mengambil kuliah online yang fleksibel waktunya. Memang ada universitas yang membuka kuliah S2 online?

Jangan khawatir, saat ini sudah banyak kampus yang berusaha mengakomodir calon mahasiswanya yang sudah bekerja. Salah satunya dengan membuka kelas kuliah S2 secara online. Dihimpun dari berbagai sumber, artikel kali ini akan mengulas setidaknya ada 11 universitas yang membuka kuliah S2 secara online, simak daftarnya berikut ya!

11 Universitas yang Membuka Kuliah S2 Online


1. Universitas Terbuka (UT)


Universitas Terbuka adalah kampus pertama di Indonesia yang menawarkan program kuliah S2 online. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2004 silam. Berikut program studi yang tersedia di UT mulai dari Magister Manajemen (MM), Magister Pendidikan (MPd), dan Magister Ilmu Hukum (MHum), dan lain sebagainya.

Adanya kuliah S2 online ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat terkendala tempat dan waktu tetapi memiliki kemampuan untuk komunikasi secara online. Program ini sepenuhnya menggunakan model pembelajaran berbasis teknologi informasi mulai dari pendaftaran (admisi), registrasi matakuliah semester, proses belajar, bimbingan belajar, dan bantuan layanan belajar.

Mahasiswa melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan internet dan paket materi belajar multimedia, tidak perlu datang ke kantor UT dan/atau cabangnya di daerah kecuali saat ujian akhir semester, Bimbingan Tesis Residensial, dan ujian sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM).

2. Universitas Esa Unggul


Program Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul bertujuan memberikan kesempatan kepada anda yang sibuk bekerja untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas di Jenjang pendidikan tinggi.

Jurusan yang tersedia di Universitas Esa Unggul untuk program S2 online, mulai dari Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Komputer, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Akuntansi, hingga Magister Administrasi Rumah Sakit.



Beberapa keunggulan kuliah S2 online di Universitas Esa Unggul antara lain kurikulum dan proses belajar diatur secara sistematis agar mahasiswa lulus tepat waktu, jadwal kuliah bisa dipilih mahasiswa, biaya studi terjangkau dan dapat diangsur sesuai kemampuan dan tidak ada batasan umur mahasiswa.

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)


Universitas Bina Nusantara (Binus) menawarkan beberapa program studi S2 online di beberapa bidang, seperti di bidang Manajemen, Teknologi Informasi, dan Komunikasi. Program S2 online Binus menggunakan sistem pembelajaran secara daring penuh.

4. Universitas Ciputra


Universitas Ciputra Online (UC Online) merupakan program perkuliahan bergelar S1 dan S2 yang dilaksanakan secara full 100 persen online jarak jauh dan berkualitas. Program S2 online di berbagai bidang, mulai bidang Manajemen, Akuntansi, dan Teknik.

Pembelajaran kuliah secara online dan mandiri di Universitas Ciputra ini dilakukan melalui platform Learning Management System yang handal, lengkap, mudah diakses, dan terintegrasi.

Program ini dirancang untuk disampaikan secara sistematis sehingga sangat praktis dan mudah diakses oleh para pelaku usaha, profesional, karyawan, serta lulusan SMA/SMK yang sudah bekerja.

5. Universitas Mercu Buana

Program Magister yang tersedia di Universitas Mercu Buana seperti Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Teknik Industri, Teknk Elektro, Teknik Sipil, Teknik Mesin.

6. Universitas Padjadjaran Program Magister Hybrid Project Based Learning


Metode pembelajaran berbasis proyek dan kasus aktual secara hibrid dan fleksibel. Tempat belajar tidak hanya di kampus Unpad tetapi juga melibatkan mitra kampus merdeka di berbagai instansi/institutsi pemerintah maupun swasta di Jakarta.

Tugas akhir dapat berupa capstone project disampung penelitian yang aplikatif untuk penyelesaian masalah. Lama studi ditargetkan hanya 3 semester. Program studi di program Unpad Program Magister Hybrid Project Based Learning yakni Magister Ekonomi Terapan (peminatan Ekonomi Digital) dan Magister Inovasi Regional (Peminatan Data Sains, Hukum dan Manajemen Infrastruktur.

6. Universitas Sangga Buana


Banyak perguruan tinggi yang menyediakan program kuliah online, namun kebanyakan biaya yang dibebankan ke mahasiswa cukup mahal. Universitas Sangga Buana dengan komitmen memberikan pendidikan berkualitas dengan biaya murah menyelenggarakan kuliah S2 online dengan biaya yang cukup terjangkau bagi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4483 seconds (0.1#10.140)