4 Teknologi Mobil Ini Bisa Bikin Pengemudi Aman di Musim Hujan

Selasa, 05 Desember 2023 - 07:41 WIB
loading...
4 Teknologi Mobil Ini Bisa Bikin Pengemudi Aman di Musim Hujan
Ada sejumlah teknologi mobil yang bikin pengemudi lebih nyaman saat berkendara di musim hujan. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Sejumlah teknologi di mobil diklaim mampu menghindarkan pengemudinya dari bahaya saat musim hujan . Atau, setidaknya membuat berkendara lebih aman dan nyaman

Pengemudi mobil memang perlu berhati-hati saat berada di jalan. Pasalnya kondisi jalan akan berubah total dibanding saat situasi normal. Kondisi jalan yang basah tentu perlu diwaspadai. Pasalnya bisa saja tiba-tiba laju mobil jadi slip karena kesalahan mengemudikan mobil.

Untungnya, saat ini teknologi berkembang sangat pesat sehingga mengemudikan mobil dalam kondisi hujan deras. Nah berikut adalah beberapa teknologi di mobil yang bisa bikin mengemudikan mobil lebih aman saat kondisi hujan deras:

1. Drive Mode
4 Teknologi Mobil Ini Bisa Bikin Pengemudi Aman di Musim Hujan

Saat ini Drive Mode merupakan fitur yang sangat populer. Berbagai mobil sudah dilengkapi dengan teknologi ini sehingga bisa mobil bisa menyesuaikan dengan situasi di jalan.

Drive Mode akan membuat mobil jadi lebih adaptif. Lewat teknologi itu biasanya mobil akan menurunkan sensitivitas akselerator, mempertahankan gigi tinggi, rpm rendah, membantu mobil tidak berakselerasi terlalu tiba-tiba hingga menyebabkan roda selip. Selain itu, sistem pengereman ABS bisa lebih sensitif saat mengatur mode berkendara di cuaca buruk.

2. Wiper Otomatis

Wiper memiliki fungsi yang sangat penting saat hujan. Wiper akan membuat pandangan pengemudi mobil ke depan akan jauh lebih baik. Saat ini terdapat fitur Wiper Otomatis yang bisa bekerja langsung tanpa harus diintervensi oleh pengemudi. Bahkan kinerja wiper tersebut bisa menyesuaikan secara otomatis dengan intensitas hujan yang jatuh ke mobil.

3. Sistem Penggerak Roda AWD

Sistem penggerak All Wheel Drive merupakan salah satu teknologi yang sangat mahal. Hanya saja teknologi ini akan sangat berguna bagi mobil terutama untuk melewati kondisi jalan yang bervariasi.

Sistem penggerak empat roda menjadi fitur yang berguna saat hujan deras atau jalan terendam banjir, membantu pengemudi lebih percaya diri saat berkendara, dan meminimalisir selip roda saat kendaraan melewati genangan air.

4. ABS dan EBD

ABS atau Anti-lock Braking System merupakan fitur yang hampir wajib ada pada setiap mobil yang dijual saat ini. Rem bekerja dengan cara menekan dan melepaskan rem secara terus menerus, biasanya puluhan kali per detik, membantu roda saat melakukan pengereman mendadak agar tetap mencengkeram jalan, mengurangi kecepatan dengan aman, dan membatasi situasi terkuncinya roda sehingga menyebabkan kendaraan terguling.



Sementara EBD atau Electronic Brakeforce Distribution juga merupakan fitur yang populer di mobil. Saat melaju di jalan raya gaya traksi pada roda berbeda-beda, sehingga gaya pengereman pada roda juga harus berbeda-beda agar kendaraan dapat berhenti secara efektif, gaya pengereman tidak kurang dan tidakberlebihan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3233 seconds (0.1#10.140)