Jarak Tempuh Kereta Api Bandara Soetta Hanya 45 Menit

Selasa, 26 Desember 2017 - 10:13 WIB
Jarak Tempuh Kereta Api Bandara Soetta Hanya 45 Menit
Jarak Tempuh Kereta Api Bandara Soetta Hanya 45 Menit
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi malam tadi meninjau Stasiun Sudirman Baru (BNI City) untuk memastikan kesiapan pengoperasian Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta yang rencananya akan mulai beroperasi untuk masyarakat umum pada 26 Desember 2017.

(Baca Juga: Dibuka Hari Ini, Tarif Kereta Bandara Soetta Lagi Promo)

Dia memastikan bahwa kereta tersebut telah siap untuk melayani penumpang. "Kita akan merencanakan dalam satu hari itu ada 42 rangkaian dengan masing-masing penumpang dalam satu rangkaian sekitar 270 orang. Sebelumnya telah dilakukan uji coba, sudah kita lakukan dengan jadwal, waktu dan kapasitas sesuai dengan apa adanya," ujarnya di Jakarta, Selasa (26/12/2017).

Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk tarif KA Bandara Soekarno-Hatta dari 26 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018 diberlakukan harga promo sebesar Rp30.000, namun mulai 2 Januari 2018 akan berlaku tarif normal sebesar Rp70.000.

"Nantinya tarif tersebut berlaku untuk seluruh stasiun yang melayani tujuan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Dalam beberapa hari ini kita mengharapkan PT Railink bisa mengoperasikan dengan baik sehingga pada 2 Januari 2018 ketika Presiden meresmikan (KA Bandara ini) sudah berjalan dengan lancar," imbuh dia.

Mantan Bos PT Angkasa Pura II (Persero) ini menuturkan, untuk durasi perjalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan KA Bandara dapat ditempuh 45 sampai 55 menit sehingga dapat menjadi pengalaman baru bagi para calon penumpang.

Dia menerangkan, saat ini jika ingin ke Bandara Soekarno-Hatta biasanya menempuh waktu mulai 1,5 jam sampai 2,5 jam, sedangkan KA Bandara jika menuju Bandara Soekarno-Hatta dapat ditempuh dengan durasi 45 menit sampai 55 menit.

"KA Bandara menjanjikan suatu perubahan, kecepatan, kenyamanan dan keamanan, ini kita sudah mempersiapkan dengan bagus dan semoga besok berjalan dengan lancar dan nantinya kita meminta masukan masyarakan apa yang harus ditingkatkan agar pelayanan menjadi lebih baik," tutur dia.

Demi kemudahan dan kelancaran calon penumpang di Stasiun Sudirman Baru ini, Menhub mengharapkan adanya sinergitas antarmoda antara KA Bandara dengan Transjakarta.

"Saya meminta Dirjen Perkeretaapian untuk mengundang PT Railink dan PT Transjakarta agar terjadi sinergi antarmoda yang berjalan dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar dapat mengurangi kepadatan kendaraan pribadi calon penumpang di Stasiun Sudirman Baru," tegas Budi.

Direktur Operasi dan Teknik PT Railink Porwanto Handry Nugroho menambahkan, KA bandara ini menggunakan sistem tiket nontunai (cashless). Bagi para turis mancanegara tidak perlu khawatir karena dapat menggunakan kartu kredit untuk pembayaran.

Sistem ticketing yang diterapkan 100% bersifat cashless (non tunai). Untuk pemesanan dapat dilakukan melalui aplikasi mobile yang hari ini sudah dapat diunduh (di Play Store untuk Android dengan nama aplikasi Railink) dan bagi calon penumpang yang datang langsung ke stasiun dapat membeli melaui vending machine yang tersedia.

"Untuk semua kartu pada prinsipnya dapat kami terima, baik itu prepaid, debit maupun kartu kredit. Terkait dengan turis mancanegara selama mereka menggunakan kartu kredit keluaran Visa, Mastercard, JCB mapun American Express itu bisa kami terima," imbuh Porwanto.

Untuk tambahan informasi KA Bandara Soekarno-Hatta akan melewati Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman baru (BNI City)-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-Stasiun Soekarno-Hatta. Hanya saja untuk awal operasional KA Bandara Soekarno-Hatta baru melayani naik turun penumpang dari tiga stasiun yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4073 seconds (0.1#10.140)