alexa snippet

Ekonom Paling Populer di Dunia

Ekonom Paling Populer di Dunia
Ekonom Paling Populer di Dunia. (Koran SINDO).
A+ A-
Manusia adalah makhluk ekonomi (homo economicus). Teori itulah yang kemudian membawa pengertian bahwa kehidupan manusia di muka bumi ini tak bisa dilepaskan dari aktivitas ekonomi.

Dalam konteks inilah peran seorang ekonom sangat penting untuk memberi landasan teoritis bagi berlangsungnya aktivitas ekonomi secara praktis. Berikut 10 tokoh ekonom dunia paling populer.

JOHN MAYNARD KEYNES (5 Juni 1883-21 April 1946)
John Maynard adalah seorang ekonom Inggris yang telah memberikan kontribusi besar terhadap makroekonomi. Ia dinobatkan sebagai ekonom paling berpengaruh di dunia yang sangat profesional dan terbaik di bidangnya. Dia juga telah memberikan teori umum pada 1936. Dia adalah ekonom utama abad ke-20, dan ekonom terbaik dimana sosok seperti dirinya diprediksi baru bisa lahir lagi pada abad berikutnya karena karyanya cukup terkenal dan otentik.

FRIEDRICH VON HAYEK (8 Mei 1899-23 Maret 1992)
Friedrich Von adalah ekonom Inggris-Austria yang dikenal dengan aliran liberalisme klasiknya. Dia dianggap sebagai ahli teori dan filsuf utama abad ke-20. Dia adalah ekonom dari negara-negara yang suka hidup di bawah komunisme. Dia juga telah melakukan banyak pekerjaan untuk kebebasan politik pada sebuah negara. Namanya tidak banyak terkenal di daerah Barat tapi bekerja untuk pasar bebas.

LUDWIG VON MISES (29 September 1881- 10 Oktober 1973)
Ludwig Von Mises adalah seorang profesional ekonom dari Austria School. Ia lebih terkenal dengan karyanya yang berkaitan dengan praksiologi dan tindakan. Dia juga telah memberikan dogma sosialis yang berbeda di abad ke-20. Dia melakukan pekerjaannya hampir mencapai usia 80 tahun dan paling baik dengan merancang kebijakan terbaik agar ekonomi negara tetap stabil.

MILTON FRIEDMAN (31 Juli 1912- 16 November 2006)
Milton Friedman adalah seorang ekonom Amerika Serikat (AS) yang terkenal dan berpengaruh serta telah menerima Nobel Memorial Prize in Economic Sciences. Dia dinobatkan sebagai pendukung paling penting dari pasar bebas di abad ke-20. Dia menekankan peran pemerintah terhadap kebijakan Keynesian dan anggaran yang seimbang. Dia dianggap sebagai ekonom terbaik periode pasca perang.

ARTHUR PIGOU (18 November 1877-7 Maret 1959)
Arthur Pigou pada dasarnya adalah seorang ekonom Inggris yang juga seorang guru terbaik. Dia telah memberikan kontribusi besar terhadap bidang ekonomi yang berbeda dan terutama ekonomi kesejahteraan. Konsep ekonomi kesejahteraan memberikan kerangka kerja utama dengan semua efek samping yang berbahaya terkait dengan proses produksi. Juga solusi dari berbagai masalah yang berkaitan dengan karya awalnya berdasarkan ekonomi.

PAUL SAMUELSON (15 Mei 1915- 13 Desember 2009)
Paul Samuelson adalah seorang ekonom AS pertama yang memenangkan Hadiah Nobel Memorial terutama di bidang Ilmu Ekonomi. Dia juga seorang penulis penulis Economist sukses. Studi utama nya terkait dengan kemampuan matematika. Semua buku yang ditulis olehnya benar-benar diberi gelar Ekonomi yang menggambarkan profesionalnya dengan sempurna. Namanya masuk dua kali di daftar ekonom terbaik dan berpengaruh di dunia.

JOHN KENNETH GALBRAITH (15 Oktober 1908-29 April 2006)
John Kenneth Galbraith adalah seorang ekonom Kanada. Dia telah menulis banyak buku berkaitan dengan isu ekonomi dan teori berbeda yang terkait dengannya. Fokus utama karyanya adalah tentang kontrol harga, inflasi dan upah. Buku-bukunya tidak membosankan tapi menghibur dan banyak dicari oleh para pemerhati ekonomi karena menampilkan persepektif berbeda dari ekonomi mainstream.

JOHN HICKS (8 April 1904-20 Mei 1989)
John Hicks adalah ekonom Inggris yang dianggap sebagai salah satu ekonom terbaik abad ke-20. Dia telah memberikan kontribusi besar pada teori permintaan konsumen dalam ekonomi mikro dan beberapa model pendekatan ekonomi. Dia juga diberi hadiah Nobel Memorial terutama atas kontribusinya kepada Ilmu Ekonomi. Berkat pemikirannya ilmu ekonomi bisa diajarkan untuk berpikir sangat profesional karena kecerdasan dan pemikirannya.

BILL PHILIPS (23 September 1964-sekarang)
Bill Philips adalah seorang ekonom berpengaruh asal Selandia Baru. Dia telah memberikan kontribusi terbaik dengan memperkenalkan Philip Curve pada 1958. Philip Curve adalah alat yang menunjukkan pertumbuhan harga terhadap pertumbuhan pengangguran. Philip Curve banyak menjadi perbincangan di dunia serta banyak digunakan untuk menentukan arah kebijakan ekonomi khususnya tentang suku bunga.

ROBERT LUCAS (15 September 1937-sekarang)
Robert Lucas adalah seorang ekonom Amerika. Robert Lucas dikenal karena teorinya “Rational Expectations” yang memberikan penjelasan tentang efek kebijakan pemerintah. Ini juga merupakan cara standar terbaik untuk menjelaskan mengapa kebijakan Keynesian tidak pernah berjalan dalam kehidupan praktis. Dia juga telah menerima hadiah Nobel untuk Ilmu Ekonomi pada 1995. Dia dinilai sebagai salah satu ekonom paling berpengaruh di abad ke-20.

SEJUMLAH EKONOM TERKEMUKA INDONESIA
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top