Goldman Sachs Bersiap Mulai Perdagangan Bitcoin

Jum'at, 29 Desember 2017 - 18:07 WIB
Goldman Sachs Bersiap Mulai Perdagangan Bitcoin
Goldman Sachs Bersiap Mulai Perdagangan Bitcoin
A A A
NEW YORK - Raksasa perbankan Goldman Sachs berencana memperdagangkan bitcon dan mata uang digital lain yang menurut sumber-sumber yang dikutip oleh Bloomberg bakal mulai dijalankan pada Juni 2018, mendatang. Saat ini Goldman telah membentuk sebuah tim di New York untuk mengatasi masalah-masalah mendasar seperti bagaimana mengenal nasabah dan aset yang relevan.

Seperti dilansir Businessinsider, pihak bank mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengeksplorasi dimana bisa memenuhi permintaan klian dan membantu mereka yang ingin memperdagangkan uang kripto (cryptocurrencies). Jika di sejumlah negara, bitcoin dilarang namun beberapa lembaga raksasa keuangan dunia justru terlihat memberikan dukungan mereka.

Salah satunya seperti yang ditunjukkan Goldman Sach Group Inc yang merupakan bank investasi dengan markas pusat berada di New York ini memberikan sinyal mendirikan sebuah desk perdagangan untuk membuat pasar dalam mata uang digital seperti bitcoin. Sementara bank-bank lain seperti JPMorgan Chase dan Citigroup terlihat masih menahan diri, lantaran terkait dengan volatilitas aset serta keamanan.

Disebutkan, Goldman dan beberapa bank menyadari risiko yang lebih tinggi terkait dengan produk uang digital tersebut dan cenderung tidak ingin tergesa-gesa untuk meluncurkan lini perdagangan baru tanpa proses khusus cryptocurrency. Kemungkinan besar Goldman akan mendorong lebih banyak investor institusional untuk terlibat dengan cryptocurrencies.

Sampai saat ini tercatat kebanyakan investasi di cryptocurrencies telah datang dari investor ritel, termasuk melalui produk-produk berjangka Bitcoin baru. Keterlibatan Goldman kemungkinan akan berubah, saat investor institusi akan lebih bersedia untuk berpartisipasi dalam pasar melalui lembaga keuangan incumbent. Pada gilirannya, hal itu berpotensi mendorong bank-bank lain untuk membuka desk perdagangan mereka sendiri, sehingga tidak kehilangan dari kesempatan mendapatkan keuntungan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0113 seconds (0.1#10.140)