TPN Ganjar-Mahfud Usul Debat Capres dan Cawapres Terapkan Format Town Hall, Apa Itu?

Kamis, 07 Desember 2023 - 02:30 WIB
loading...
TPN Ganjar-Mahfud Usul Debat Capres dan Cawapres Terapkan Format Town Hall, Apa Itu?
Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengusulkan agar debat capres-cawapres diterapkan forman town hall. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar - Mahfud melakukan rapat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) membahas debat capres-cawapres. Hasilnya, TPN mengusulkan agar debat tersebut menerapkan format town hall.

Direktur Eksekutif, Direktorat Komunikasi Informasi dan Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Tomi Aryanto mengatakan dalam format tersebut pembicara berdiri di panggung dengan di kelilingi hadirin. Format ini membuat suasana debat lebih cair.

“Mengapa kami mengusulkan format town hall yang memberikan audiens kesempatan untuk berinteraksi? Supaya apa yang menjadi buah pikiran calon-calon ini juga diuji di tempat. Jadi ini bukan soal hanya menyampaikan visi misi seperti membaca, tetapi secara spontan akan terlihat mana yang betul-betul menguasai visi misi mereka atau hanya sekedar dibuatkan,” ujarnya, Rabu, (6/12/2023).



Terkait usulan tersebut, KPU pun menerima namun masih akan mempertimbangkan pengunaannya. Tomi menghormati setiap keputusan yang diambil. Tomi berharap format debat nanti benar-benar mampu menunjukkan kualitas dan kompetensi para calon dalam menyikapi setiap persoalan. Sehingga akan menolong masyarakat untuk menentukan pilihannya kelak saat Pilpres 14 Februari 2024.

Wakil Direktur Direktorat Saksi dan Pengamanan Hasil Pemilu TPN Ganjar-Mahfud, Candra Irawan mengatakan diskusi berjalan lancar meski sempat terjadi sedikit perdebatan. Namun pada akhirnya, semua sepakat format debat dikembalikan pada Pasal 27 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Pasal 50 PKPU No. 15 Tahun 2023.



Dengan demikian debat dipastikan akan dilakukan sebanyak lima kali. Debat pertama dan kelima akan dihadiri pasangan capres dan cawapres. Kemudian debat kedua dan keempat hanya akan dihadiri oleh cawapres. Sedangkan debat ketiga hanya akan dihadiri oleh capres.

TPN Ganjar-Mahfud dijadwalkan akan kembali melakukan rapat lanjutan dengan KPU RI pada Jumat, 8 Desember 2023. Salah satunya membahas dress code, moderator, dan panelis yang akan dilibatkan dalam debat nanti. Sementara, pelaksanaan debat berlangsung di Jakarta.

Berikut jadwal dan temanya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0901 seconds (0.1#10.140)