alexametrics

AS Gagalkan Pembelian Moneygram oleh Anak Usaha Alibaba

loading...
AS Gagalkan Pembelian Moneygram oleh Anak Usaha Alibaba
Regulator AS menggagalkan proses akuisisi anak usaha Alibaba yakni Ant Financial yang akan membeli perusahaan penyedia layanan transfer uang MoneyGram. Foto/Ilustrasi
A+ A-
NEW YORK - Regulator Amerika Serikat (AS) menggagalkan proses akuisisi anak usaha Alibaba yakni Ant Financial yang akan membeli perusahaan penyedia layanan transfer uang MoneyGram International Inc. Hal ini menjadi penolakan terbesar perusahaan asal China oleh Washington sejak Donald Trump menguasai Gedung Putih.

Seperti dilansir BBC, Rabu (3/1/2017) pihak perusahaan mengatakan, regulator yang mengawasi investasi asing di AS enggan untuk mendukung pengambilalihan. Ia menambahkan kondisi geopolitik telah jauh berubah semenjak kesepakatan akuisisi diumumkan awal tahun lalu.

Perusahaan keuangan berbasis di China yakni Ant Financial Services Group pada tahun lalu mengumumkan telah setuju untuk membayar sebesar USD1,2 miliar terkait pembelian perusahaan terdaftar Moneygram Internasional. Perusahaan asal AS tersebut telah beroperasi di lebih dari 200 negara termasuk Inggris.



Pemblokiran kesepakatan menjadi pukulan telak untuk ambisi pemilik Alibaba Jack Ma di tengah janji Presiden Trump bahwa dia bakal menciptakan satu juta pekerjaan. Alibaba yang mengendalikan Ant Financial melihat pasar AS sebagai cara untuk memperluas bisnis di luar negeri dalam menghadapi persaingan domestik yang sengit.

Tetapi dalam pernyataan bersama kemarin, Ant Financial dan Moneygram mengutarakan bahwa mereka telah melupakan kesepakatan. "Hal ini seiring ketidakmampuan perusahaan untuk mendapatkan persetujuan yang disyaratkan dalam melakukan transaksi dari Komite Investasi Asing di Amerika Serikat," paparnya.

Sementara laporan yang beredar menyebutkan alasan penolakan Komite terkait akuisisi tersebut yakni soal keamanan. Kekecewaan diungkapkan oleh Kepala Eksekutif Alex Holmes yang mencatat kondisi geopolitik terus berubah sejak kesepakatan dipublikasikan.

Penolakan transaksi bisnis dengan China, bukanlah yang pertama dilakukan pihak AS. Politisi Amerika dan para pemimpin militer mendesak pemerintah untuk melihat lebih dekat investasi China di Amerika terutama dalam industri teknologi.

Pada bulan September, AS memblokir penjualan semikonduktor ke China senilai USD1,3 miliar. Penawaran lainnya yang mendapatkan pemblokiran termasuk pembelian China Oceanwide Holdings Group's senilai USD2,7 miliar untuk US Manulife Genworth Financial, serta pembelian perusahaan China Orient Hontai Capital USD1,4 miliar saat ingin mengakuisisi perusahaan AS AppLovin.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak