Pemerintah Bebaskan Bea Masuk Produk Palestina

Kamis, 04 Januari 2018 - 16:00 WIB
Pemerintah Bebaskan Bea Masuk Produk Palestina
Pemerintah Bebaskan Bea Masuk Produk Palestina
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka peluang untuk kembali membebaskan bea masuk untuk produk Palestina yang akan masuk ke Indonesia. Saat ini, produk kurma dan minyak zaitun dari Palestina sudah bebas bea masuk ke Indonesia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan kepadanya untuk membuka akses perdagangan sebesar-besarnya dengan Palestina. Hal ini sebagai bentuk dukungan pemerintah Indonesia terhadap Palestina, selain dukungan politik.

"Dengan Palestina secara khusus sebelum saya pergi, Presiden memerintahkan segera buka akses perdagangan dengan Palestina. Dan kita langsung tanpa ada studi, selain dukungan politik kita juga berikan dukungan ekonomi," katanya dalam konferensi pers di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Dia mengaku telah meminta pemerintah Palestina untuk memberikan daftar komoditas yang bisa diekspor ke Tanah Air. Pemerintah akan membebaskan tarif bea masuk atas barang tersebut.

"Silakan berikan list lagi daftar komoditi apa yang bisa masuk Indonesia dengan zero tariff," imbuh Enggar.

Namun, politisi Partai Nasdem ini juga meminta Palestina untuk membebaskan tarif bea masuk untuk produk Indonesia yang akan masuk ke negara tersebut.

"Tapi, saya juga sampaikan Anda butuh apa, kasih daftarnya dan kita akan lakukan ekspor priority ke Palestina, dan mereka juga akan berikan zero tariff. Tidak perlu studi, ini adalah komitmen politik dari Presiden," imbuh dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6096 seconds (0.1#10.140)