Wali Kota Tangsel Bicara Pentingnya Penguatan Kelembagaan Manajemen ASN Berbasis Sistem Merit

Kamis, 07 Desember 2023 - 22:01 WIB
loading...
Wali Kota Tangsel Bicara Pentingnya Penguatan Kelembagaan Manajemen ASN Berbasis Sistem Merit
Ketua KASN Agus Pramusinto memberikan penghargaan kepada Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie di ajang Anugerah Meritokrasi 2023 di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriot Hotel, Kamis (7/12/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota ( Pemkot) Tangerang Selatan meraih dua penghargaan di ajang Anugerah Meritokrasi 2023, yakni Kategori Sistem Merit dengan indeks 326 dan Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dengan indeks 92. Kedua penghargaan tersebut meraih predikat tertinggi yakni sangat baik.

Penghargaan diberikan oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto dan diterima langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriot Hotel, Kamis (7/12/2023).

Usai menerima penghargaan, Benyamin mengatakan, capaian yang diraih tidak lepas dari upaya dalam penataan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semakin profesional. Penempatan pegawai di posisi yang tersedia berdasarkan latar belakang dan kemampuannya.



"Alhamdulillah kita kembali meraih penghargaan, kali ini soal sistem merit terutama dalam kaitannya reformasi birokrasi ya. Kita melakukan menempatkan pegawai yang dilakukan berdasarkan latar belakang pendidikan dan kemampuannya, artinya kita sudah sesuai dengan sistem merit itu sendiri," kata Benyamin.

Ia meyakini dengan menempatkan pegawai yang memiliki kemampuan sesuai dengan posisi yang ditempati tentunya akan berdampak menghasilkan terobosan dan kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi percepatan dan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

"Oleh karenanya penguatan kebijakan dan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit menjadi sangat penting dalam upaya mendorong kinerja kita bersama," katanya.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, mengapresiasi segenap instansi pemerintah yang telah berhasil mendapatkan predikat sangat baik dan baik dalam mengimplementasikan sistem merit.

"Setiap instansi pemerintah harus memastikan sistem merit berjalan dan diawasi secara optimal dalam setiap kebijakan dan manajemen ASN melalui instrumen yangada dan melalui digitalisasi, terutama untuk memastikan penataan karier ASN dapat berlangsung profesional," ucap Menteri Azwar Anas.

"Kami juga mengharapkan komitmen pimpinan sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk mewujudkan manajemen ASN yang berbasis sistem," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)