Cirebon Penyangga Pangan Provinsi Jawa Barat

Senin, 08 Januari 2018 - 10:43 WIB
Cirebon Penyangga Pangan Provinsi Jawa Barat
Cirebon Penyangga Pangan Provinsi Jawa Barat
A A A
CIREBON - Jika saat ini panen padi dilakukan di berbagai tempat, Kabupaten Cirebon pun tidak mau ketinggalan dalam urusan panen dan memproduksi padi. Buktinya, hamparan padi menguning seluas 40 hektare (ha) di Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon siap untuk dipanen.

Luas panen 40 ha ini merupakan bagian dari 518 ha luas lahan padi sawah di wilayah Kabupaten Cirebon yang panen pada Januari, disusul Februari 1.898 ha, hingga Maret 2018 yang merupakan puncaknya di mana luas lahan yang akan dipanen seluas 19.574 ha.

Varietas yang ditanam adalah mekongga, inpari, dan ciherang, dengan produktivitas mencapai 5,9 ton per ha. "Panen ini menunjukkan tidak ada kekhawatiran kekurangan pasokan pangan, karena panen dan tanam terjadi terus menerus termasuk di Cirebon," kata Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Mulyadi Hendiawan usai melakukan panen di desa Jamblang, Sabtu (6/1/2018).

Menurutnya, panen tersebut juga semakin menambah optimisme bahwa swasembada pangan dapat terus terjaga dan berkelanjutan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Ali Effendi menyatakan, Cirebon merupakan sentra produksi padi yang tidak saja mampu memenuhi kebutuhan produksi setempat, tetapi juga menjadi salah satu penyangga pangan di Provinsi Jawa Barat.

"Jumlah produksi beras di Cirebon saat ini 310.457 ton, sedangkan kebutuhan 257.651 ton, sehingga terjadi surplus sebanyak 52.806 ton," kata Ali.

Dia menerangkan, Cirebon juga memasok kebutuhan beras ke wilayah lain di Provinsi Jawa Barat, bahkan memasok kebutuhan beras ke DKI Jakarta.

Selain Sekretaris BKP Kementan dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, panen ini juga dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Kodim 0620 Cirebon, serta Babinsa dan Penyuluh Pertanian bersama para petani.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7402 seconds (0.1#10.140)