Atasi Kelangkaan Beras, Perpadi Gunungkidul Gelar Operasi Pasar

Senin, 15 Januari 2018 - 09:54 WIB
Atasi Kelangkaan Beras, Perpadi Gunungkidul Gelar Operasi Pasar
Atasi Kelangkaan Beras, Perpadi Gunungkidul Gelar Operasi Pasar
A A A
GUNUNGKIDUL - Kenaikan harga beras yang terus melambung membuat resah masyarakat. Bahkan, di sejumlah pasar di Gunungkidul beras jenis medium menghilang di pasaran, sehingga Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi (Perpadi) menggelar operasi pasar (OP) beras.

Ketua DPC Perpadi Gunungkidul Sukaryadi mengatakan, pihaknya telah menggelar OP beras pada 13-14 Januari. Beras sebanyak 10 ton ludes diserbu warga yang selama ini kesulitan mendapatkan harga beras sesuai harga eceran tertinggi (HET). "Kita menjual dengan harga Rp9.350 per kilogram (kg). Harga itu masih di bawah HET," terangnya kepada SINDOnews, Gunungkidul, Senin (15/1/2018).

Dia menjelaskan, untuk program ini Perpadi berhasil melakukan kerja sama dengan Perum Bulog guna mengolah kembali beras milik Bulog. "Kami prihatin dengan harga beras yang terus naik, maka kami berhasil melakukan pertemuan dan menjalankan operasi pasar," ujar dia.

Dengan antusias warga yang luar biasa, pihaknya mengaku puas dengan agenda operasi pasar tersebut. Beras enam ton, bisa habis dalam tiga jam. "Kami sudah siapkan bungkusan 10 kg, 25 kg serta 50 kg. Antusias warga luar biasa dan program akan kami lanjutkan," ucapnya.

Humas Perpadi Gunungkidul Joko Widiantoro menambahkan, dua lokasi operasi pasar dilakukan Perpadi Gunungkidul. Selain pasar Argosari, Wonosoari yang digelar pada Minggu (14/1) dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB, hari sebelumnya (13/1) Perpadi Gunungkidul juga menyasar pasar Ponjong. "Kita siapkan 4 ton dan ludes juga," imbuh dia.

Untuk itu, dalam satu bulan ke depan pihaknya akan terus melakukan operasi pasar untuk melayani masyarakat mendapatkan beras medium yang harganya masih di bawah harga eceran tertinggi. "HET beras medium adalah Rp9.450, dan kita jual di bawahnya," imbuh Joko.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6378 seconds (0.1#10.140)