alexametrics

Harga Beras Tinggi, Pemkot Salatiga Diminta Segera Lakukan OP

loading...
Harga Beras Tinggi, Pemkot Salatiga Diminta Segera Lakukan OP
Harga beras di Salatiga naik dari Rp9.500 per kilogram menjadi Rp13.000 per kilogram. Foto/SINDOnews
A+ A-
SALATIGA - Sejumlah warga Salatiga di Jawa Tengah meminta pemerintah daerah segera melakukan langkah menurunkan harga beras di pasaran. Mereka juga meminta Pemkot Salatiga secepatnya melakukan operasi pasar (OP) beras agar warga bisa membeli beras dengan harga murah.

"Harga beras di Salatiga saat ini masih tinggi dan memberatkan warga, khususnya kalangan menengah ke bawah. Karena itu, kami minta Pemkot Salatiga segera melakukan operasi pasar agar bisa mendapatkan beras dengan harga yang terjangkau," kata salah seorang warga Kumpulrejo, Argomulyo, Suparno, Senin (15/1/2018).

Menurut pria berusia 51 tahun itu, kenaikkan harga beras sudah di atas batas kewajaran. Saat ini, harga beras jenis C4 di tingkat pengecer menembus harga Rp13.000 per kg. Padahal, sebelumnya harga beras tersebut paling mahal Rp9.500 per kg.

"Kenaikkan harga beras sudah mencapai Rp3.500 per kg. Ini sudah tidak wajar. Biasanya kalau naik paling sekitar Rp500 per kg. Pemerintah harus segera melakukan langkah untuk menstabilkan harga beras," ujarnya.



Dia berharap, kenaikkan harga beras yang sudah di atas batas kewajaran tidak berlangsung lama. "Jika berlangsung lama, jelas memberatkan warga ekonomi lemah seperti saya ini. Pemerintah harus tanggap dengan kondisi masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Muthoin menyatakan, Pemkot Salatiga segera melakukan operasi pasar beras. "Besok kami akan melakukan rapat untuk membahas teknis operasi beras yang akan kami lakukan dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Disinggung mengenai banyaknya beras yang disiapkan untuk operasi pasar, Muthoin belum bisa memastikan jumlah riilnya. "Besok saja setelah rapat, kami jelaskan semua. Sekarang kami belum bisa memastikan angka riilnya karena baru akan dirapatkan. Pada prinsipnya kami siap dan operasi pasar akan kami lakukan dalan waktu dekat," pungkasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak