Ini Perbandingan Garansi Seumur Hidup Neta V dan Wuling BinguoEV

Senin, 11 Desember 2023 - 20:15 WIB
loading...
Ini Perbandingan Garansi Seumur Hidup Neta V dan Wuling BinguoEV
Sejumlah pabrikan otomotif China berani memberikan garansi seumur hidup terhadap komponen seperti baterai dan perangkat lainnya. Tampak Neta V (kiri) dan Wuling BinguoEV (kanan). Foto: Sindonews/Wuling Indonesia
A A A
JAKARTA - Dua pabrikan China, Wuling dan Neta, memberikan garansi yang mungkin belum pernah ada di Indonesia: seumur hidup. Benarkah?

Sebagian konsumen Indonesia memang masih was-was terhadap mobil listrik. Terutama soal baterai. Bagaimana nanti jika ada masalah? Benarkah harga baterainya sangat mahal?

Nah, 2 pabrikan mobil listrik China rela memberi garansi sumur hidup. Mereka adalah Wuling dan Neta.

Ada Syaratnya

Ini Perbandingan Garansi Seumur Hidup Neta V dan Wuling BinguoEV

Interior Wuling BinguoEV. Foto: Wuling

Wuling memberikan garansi seumur hidup untuk mobil listrik terbarunya BinguoEV. BinguoEV memang dipasarkan dalam 2 model, yakni 333 km dan 410 km. Namun, hanya varian 410 km (tertinggi) saja yang mendapat garansi seumur hidup. Syarat lainnya, program garansi seumur hidup itu hanya berlaku untuk unit BinguoEV yang dipesan hingga 15 Desember 2023.

Program tersebut juga berlaku untuk pemilik pribadi BinguoEV dalam kondisi baru (bukan kendaraan operasional ataupun pindah tangan) dan dengan jarak tempuh maksimal 30.000 kilometer per tahunnya.

Sementara itu, Neta juga memberikan garansi seumur hidup terhadap model Neta V yang baru saja diluncurkan. Program garansi seumur hidup Neta V berlaku khusus untuk 2.024 konsumen pertama yang melakukan pembelian unit NETA V atau sejak GIIAS 2023. Syarat lainnya, Neta V yang dibeli konsumen juga dipakai untuk kendaraan pribadi.

“Garansi ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat memiliki mobil listrik yang ramah lingkungan tanpa rasa cemas terkait isu umur baterai bagi calon konsumen,” ujar Jason Ding, Managing Director NETA Auto Indonesia.

Garansi Apa Saja yang Dikover?

Untuk Wuling BinguoEV, garansi seumur hidup atau Lifetime Core EV Components Warranty berlaku untuk komponen utama kendaraan listrik yang terdiri dari power battery, drive motor, dan motor control unit. Sementara itu, garansi seumur hidup pada Neta V diberikan untuk komponen utama, yaitu baterai, drive motor dan control distribution system.

Perbandingan dengan Garansi Normal
Ini Perbandingan Garansi Seumur Hidup Neta V dan Wuling BinguoEV

Wuling BinguoEV versi 410 km dibekali baterai berkapasitas 37,9 kWh. Adapun untuk garansi normal adalah 8 tahun dan 120.000 kilometer. Konsumen yang melakukan pemesanan BinguoEV varian 333 km, misalnya, mendapatkan keuntungan seperti AC Charging Device dan aksesoris (storage box, kaca film and karpet).

Untuk sisi keselamatan, mobil itu dilengkapi 2 airbag, electric parking brake with automatic vehicle hold, electronic stability control, rear parking sensor dan camera, isofix, tire pressure monitoring system, dan immobilizer.

Neta sendiri memberikan garansi kendaraan selama 5 tahun atau 150.000 km, garansi baterai 8 tahun atau 180.000 km dan gratis perawatan berkala selama 4 tahun atau 50.000 km.

Neta V dibekali baterai 40,7 kWh dan menggunakan motor listrik bertenaga 70 kW atau setara dengan 93,8 HP. Motor listriknya juga diklaim punya torsi 150 Nm.



Kendaraan tersebut bisa melaju hingga 401 km dalam satu kali pengisian penuh. Sedangkan untuk mengecasnya, dari 0-100% butuh waktu 8 jam dengan cas AC rumahan dan 30%-80% butuh waktu 30 menit dengan DC fast charging.

Dari segi keselamatan, Neta V dilengkapi dengan dua airbag dan rangkaian sistem keselamatan pasif, seperti ABS, EBD, bantuan rem, kontrol traksi, dan juga ESC. Ada pula fitur hill start assist, pemantau tekanan ban, dancruisecontrol.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2976 seconds (0.1#10.140)