alexametrics

Inflasi Inggris Turun di Bawah Level Tertinggi Enam Tahun

loading...
Inflasi Inggris Turun di Bawah Level Tertinggi Enam Tahun
Tingkat inflasi turun menjadi 3% di bulan Desember atau lebih rendah di bawah level tertinggi dalam enam tahun terutama karena terdampak tarif maskapai. Foto/Ilustrasi
A+ A-
LONDON - Inflasi Inggris turun untuk pertama kalinya sejak Juni, terutama karena terdampak tarif maskapai. Tingkat inflasi turun menjadi 3% di bulan Desember atau lebih rendah dibandingkan November pada level 3,1% yang berarti di bawah level tertinggi dalam enam tahun.

Dilansir BBC, Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan tarif maskapai yang mengalami kenaikan bulan lalu, kini dampaknya relatif kecil daripada saat yang sama di tahun 2016. Ditambahkan penurunan ini juga akibat adanya pelemahan harga mainan yang berkontribusi cukup besar di bulan Desember.

Meski begitu ONS mengutarakan masih terlalu dini bahwa momen ini menjadi awal dari penurunan level inflasi untuk jangka panjang. Bank of Englan (BoE) menambahkan jika inflasi diperkirakan mencapai puncaknya pada akhir 2017 dan bakal kembali ke target 2% tahun ini.

Angka tersebut sudah meningkat sepanjang tahun lalu, sebagian besar lantaran kejatuhan nilai Poundsterling sejak pemungutan suara Brexit atau keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa untuk kemudian pelemahan Pounds telah mendorong biaya barang impor.

Pada bulan November, Komite Kebijakan Moneter Bank (MPC) menaikkan suku bunga utamanya untuk pertama kali dalam lebih dari satu dekade dari 0,25% menjadi 0,5%. Namun Kepala Ekonom Pantheon Macroeconomics Samuel Tombs di Inggris mengatakan "Kelemahan tekanan harga yang terus berlanjut berarti bahwa MPC tidak perlu terburu-buru menaikkan suku bunga berikutnya,".

Sedangkan Kepala Ekonom Aberdeen Standard Investments Lucy O'Carroll sepakat bahwa tidak perlu kenaikan suku bunga dalam waktu dekat. "Paling penting bagi kesehatan jangka panjang ekonomi Inggris adalah meningkatkan kinerja-kinerjanya," terang dia.

"Jika kita bisa melakukan itu, maka Bank of England mungkin dapat mempertahankan suku bunga rendah untuk waktu yang lama. Tetapi pada pengalaman terakhir, meningkatkan produktivitas jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan," paparnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak