Cerita Jokowi Berhasil Bujuk Pangeran MBS Tambah Kuota Haji Indonesia sambil Makan Siang

Selasa, 12 Desember 2023 - 13:06 WIB
loading...
Cerita Jokowi Berhasil Bujuk Pangeran MBS Tambah Kuota Haji Indonesia sambil Makan Siang
Presiden Jokowi memberikan sambutan pada Raker dan Milad ke-6 BPKH, di Istana Negara, Selasa (12/12/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menceritakan keberhasilannya membujuk Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman untuk menambahkan kuota haji Indonesia. Arab Saudi memberi tambahan 20.000 kuota haji 2024 kepada Indonesia, sehingga totalnya menjadi 241.000 jemaah.

Awalnya Jokowi mengatakan dirinya telah bertemu dua kali dengan Mohammed bin Salman dalam satu bulan terakhir ini. Pertemuan pertama berkaitan dengan bilateral Indonesia dengan Arab Saudi dan pertemuan kedua membahas mengenai Gaza Summit.

"Di acara yang pertama, setelah berbicara serius urusan investasi, urusan perdagangan, makan siang dengan yang mulia Pangeran Mohammad bin Salman. Diajak makan siang beserta menteri-menteri dari Arab Saudi," kata Jokowi dalam sambutannya pada Raker dan Milad ke-6 BPKH, di Istana Negara, Selasa (12/12/2023).



Jokowi menceritakan saat makan siang tersebut, suasana Mohammed bin Salman dan para menterinya tampak cukup gembira.

"Saya sampaikan yang mulia calon jemaah haji di Indonesia ini menunggu sampai 47 tahun untuk bisa beribadah haji. Dia kaget. bener? bener yang mulia. Masak saya bohong. Mohon yang mulia berkenan memberikan tambahan kuota hajinya," kata Jokowi.

Mohammed bin Salman meminta Jokowi untuk menunggu keputusannya pada esok harinya. Tak lama, Jokowi di kabari oleh Dubes Arab Saudi bahwa ada tambahan kuota untuk jamaah haji Indonesia sebanyak 20.000.

"Jadi kalau pas minta sesuatu jangan pas serius gitu. Pas makan siang, makan malam pas enak-enak. yang dulu juga sama pas makan saya sampaikan. Dulu dapet berapa tambahan 10.000 seinget saya. Kalau pas serius pas bilateral, bicara serius ngomongnya formal, nggak dapet," ungkapnya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4049 seconds (0.1#10.140)