MNC Sekuritas Perkuat Kontribusi Nasabah Ritel

Senin, 22 Januari 2018 - 18:18 WIB
MNC Sekuritas Perkuat Kontribusi Nasabah Ritel
MNC Sekuritas Perkuat Kontribusi Nasabah Ritel
A A A
JAKARTA - PT MNC Sekuritas menggelar acara Investor Gathering and Corporate Forum 2018 dengan tema "At The Crossroad!". Acara tahunan ini menjadi wadah bagi MNC Sekuritas untuk meningkatkan loyalitas nasabah dengan memberikan informasi seputar prediksi ekonomi untuk pasar modal maupun pasar surat berharga.

(Baca Juga: Nasabah Antusias Hadiri Investor Gathering MNC Sekuritas)

Tidak ketinggalan informasi mengenai emiten yang dapat menjadi pilihan berinvestasi. Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan, acara tersebut untuk mendukung rencana perseroan tahun ini dalam menggenjot kontribusi transaksi nasabah ritel.

Saat ini, transaksi di MNC Sekuritas didukung sekitar 30.000 nasabah, baik institusi dan ritel. Ke depan, transaksi harian akan terus tumbuh seiring akuisisi nasabah baru.

"Kalau dilihat dari trading saham harian di MNC Sekuritas, kontribusi nasabah institusi masih mendominasi. Dalam trading, nasabah ritel hanya 40% dan 60% institusi. Kami berharap ke depan nasabah ritel kami akan meningkatkan transaksinya," ujar Susy dalam acara Investor Gathering And Corporate Forum 2018 di Jakarta, Senin (22/1/2018).

Pihaknya menargetkan nilai transaksi harian tahun ini bisa mencapai sekitar Rp200-Rp300 miliar. Secara market share, transaksi saham harian di MNC Sekuritas di atas 3% dari total rata-rata transaksi harian di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mencapai Rp7 triliun.

"Tahun lalu itu, rata-rata transaksi harian kami sekitar 2,5% dari total transaksi harian di Bursa. Tahun ini, kami targetkan bisa di atas 3%," katanya. (Baca Juga: MNC Sekuritas Makin Dekatkan Diri dengan Nasabah)

Untuk mendukung rencana perseroan dalam meningkatkan transaksi harian, MNC Sekuritas bakal memperluas jaringan dengan membuka kantor cabang yang akan tersebar di Indonesia. Saat ini, kantor cabang yang melayani nasabah MNC Sekuritas di seluruh Indonesia sudah mencapai 103 kantor.

"Kami targetkan tahun ini, kantor MNC Sekuritas akan mencapai 120 kantor. Seiring dengan strategi yang kami lakukan, kami berharap di lima tahun ke depan market share transaksi harian kami akan mencapai 5% dari total rata-rata transaksi harian di Bursa," terang dia.

Dalam penyebaran kantor cabang, perusahaan tidak hanya fokus membuka kantor cabangnya di kota-kota besar. Namun, perusahaan mempertimbangkan untuk melayani nasabah potensial yang berada di pasar-pasar.

"Tidak hanya memperbesar nasabah institusi tapi juga ritel. Bahkan, kami rencanakan untuk membuka kantor cabang di pasar-pasar seperti pasar Senen, Tanah Abang, dan lain-lain. Karena di pasar semacam itu banyak nasabah potensial seperti pemilik toko yang ingin berinvestasi di pasar modal. Mereka ini target kami," jelas Susy.

Sebagai perusahaan sekuritas lokal yang telah hampir 30 tahun menjejakkan kakinya di Indonesia, MNC Sekuritas memahami bahwa kedekatan dengan nasabah menjadi faktor penting yang memengaruhi kepercayaan dan loyalitas. Untuk itu, MNC Sekuritas menggelar acara Investor Gathering and Corporate Forum 2018 dengan tema At The Crossroad.

Acara ini digelar secara rutin sejak 2012 dan dapat membuka wawasan nasabah, termasuk dalam hal pemilihan sektor dan saham. Selama ini, MNC Sekuritas selalu memberikan rekomendasi saham-saham pilihan kepada nasabah melalui tim riset MNC Sekuritas.

"Pada 2017, MNC Sekuritas berhasil menduduki posisi 18 dari 108 perusahaan sekuritas," imbuhnya.

Perseroan juga berhasil menghadirkan lebih banyak pembicara dari emiten antara lain, PT Waskita Beton Precast Tbk, PT Sri Rejeki Isman Tbk, PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Hartadinata Abadi Tbk, PT Arwana Citra Mulia Tbk, dan PT Media Nusantara Citra Tbk.

Selain pemaparan company update dari emiten-emiten tersebut, nasabah retail maupun institusi MNC Sekuritas juga dibekali dengan tips-tips berinvestasi dan trading di pasar modal dari seorang praktisi pasar modal, Benny Tjokrosaputro.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio dan Direktur Utama Kustodian Sentral Efek Indonesia Frederica Widyasari Dewi.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengapresiasi upaya MNC Sekuritas untuk merangkul investor ritel. "Terimakasih MNC Sekuritas, ini membuktikan MNC Sekuritas sangat proaktif dalam menambah jumlah investor. Sangat bagus untuk menemukan investor dengan perusahaaan sekuritas," kata Tito dalam kesempatan sama.

Selain melalui agenda tahunan, MNC Sekuritas juga secara rutin menjalankan program Klinik Edukasi sejak 2017 berupa kelas belajar saham gratis bagi calon investor maupun investor pemula yang diselenggarakan setiap bulan.

Melalui kelas yang terbuka untuk umum itu, peserta dapat belajar bukan sekedar teori, tetapi juga praktek melalui kegiatan trading bersama.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3639 seconds (0.1#10.140)