Canggih! EV Charger Operator Ini Siapkan Solusi Pengecasan Terintegrasi

Rabu, 13 Desember 2023 - 12:11 WIB
loading...
Canggih! EV Charger Operator Ini Siapkan Solusi Pengecasan Terintegrasi
SES resmi mengumumkan peluncuran produk stasiun pengisian kendaraan listrik (EV Charger Operator) di Indonesia dengan merek Cazgo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT. Smart Energy Systems (SES) resmi mengumumkan peluncuran produk stasiun pengisian kendaraan listrik (EV Charger Operator) di Indonesia dengan merek Cazgo (Cazgo.id) yang merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing yang telah menjalin kemitraan strategis dengan TIDE Co Ltd (Korea), Charzin (Korea). Ditambah serta mitra lokal seperti PT. Cita Contract (PLN), PT. Ciwaru Transaksi Elektronik, dan PT. Lintas Tunas Investama, yang merupakan afiliasi dari Alam Sutera.



Cazgo merupakan provider atau operator stasiun pengisian kendaraan listrik di Indonesia yang menyediakan solusi layanan pengisian kendaraan listrik dengan output 7 kWh (single phase) dan 22 kWh fast charging (three phase). Layanan tersebut dapat diakses melalui aplikasi mobile Cazgo App yang terintegrasi dengan sistem pengecasan kendaraan listrik.

Dalam upayanya untuk mendukung implementasi kendaraan listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia, Cazgo berencana menyusun Rencana Kerja tahun 2023 hingga 2027 dengan mengusulkan pemasangan sebanyak 1284 unit EV Charger kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).



Salah satu yang membuat Cazgo unggul adalah teknologinya yang canggih. Cazgo memiliki kemampuan dua arah dengan Energy Monitoring System (EMS) dan Advanced Metering Infrastructure (AMI) yang memenuhi standar internasional ISO15118 V2G (Vehicle to Grid) dan PnC (Plug and Charge).

Selain itu, teknologi Cazgo mendukung Open API (Application Programming Interface) yang memungkinkan integrasi yang lebih baik dengan kendaraan listrik dan infrastruktur lainnya.

Saat ini sudah terpasang 6-unit charger Cazgo yang berlokasi di The Flavor Bliss, Alam Sutera sebagai lokasi pertama dan akan tersedia untuk melayani wilayah Jawa & Bali serta akan menjajaki peluang kerjasama dengan Konsorsium Korea di Kawasan Ekonomi Khusus Nusantara (Ibu Kota Nusantara atau IKN).

Cazgo berkomitmen untuk melakukan manufaktur sistem EV Charger di Indonesia, baik dari segi perangkat lunak (software) maupun perangkat kerasnya (mesin EV Charger) secara CKD. Cazgo nantinya akan memproyeksikan pemasangan charger kendaraan listrik di mal, area publik, kawasan perumahan, hotel, dan kafe-kafe.

"Dengan dukungan penuh dari Charzin Korea yang telah mengoperasikan lebih dari 20.000 Charger Station di Korea, dan TIDE sebagai pemasok mesin EV Charger, Cazgo memiliki dasar yang kuat untuk membangun kepercayaan produk dan merek kami kepada masyarakat Indonesia,” kata CEO PT. SES, Kim Soo Chul.

Charger Cazgo pertama kali diresmikan di The Flavor Bliss, Alam Sutera secara langsung oleh Kevin (CEO TIDE), WOO (CFO Chazin), He Hariyadi (President Commissioner PT Ciwaru Transaksi Elektronik), Riza Novianto (President Commissioner PT Cita Contrac), Arvin Sutedja (Perwakilan PT Lintas Tunas Investama), Sari Setyaningrum (Township Director Flavor Bliss), serta Kim Soo Cul (CEO PT SES).

Aplikasi Cazgo App juga sudah tersedia di Google Play Store dan segera hadir di iOS. Cazgo siap menjadi mitra utama dalam perjalanan menuju pengisian kendaraan listrik yang mudah, aman, dan terintegrasi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5051 seconds (0.1#10.140)