alexametrics

Walmart Hadirkan Layanan Pengiriman Online di Jepang

loading...
Walmart Hadirkan Layanan Pengiriman Online di Jepang
Perusahaan raksasa ritel asal Amerika Serikat (AS) Walmart bekerja sama dengan Rakuten untuk meluncurkan layanan pengiriman barang online di Jepang. Foto/Ilustrasi
A+ A-
TOKYO - Perusahaan raksasa ritel asal Amerika Serikat (AS) yakni Walmart bekerja sama dengan Rakuten untuk meluncurkan layanan pengiriman barang online di Jepang. Pelanggan bisa melakukan pemesanan melalui Rakuten, yang kemudian perusahaan bakal menyediakannya.

Seperti dilansir BBC, Jumat (26/1/2018) layanan ini siap diluncurkan akhir tahun 2018, untuk menggantikan layanan pengiriman barang online Walmart yang ada di Jepang. Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, anak perusahaan Rakuten yaitu Kobo bakal menjual e-book, audiobook dan e-readers melalui toko-toko Walmart AS.

Peluncuran bisnis e-commerce anyar tersebut merupakan upaya terkini perusahaan dari Negeri Paman Sam -julukan AS- untuk memperkuat pasar luar negeri yang kompetitif, lewat kerja sama dengan mitra lokal yang populer. Pada tahun 2016, perusahaan ini menerapkan strategi serupa di China, menjual situs webnya sendiri ke toko online terbesar kedua JD.com dengan imbalan 5% saham di perusahaan tersebut.



Rakuten sendiri merupakan perusahaan e-commerce terbesar di Jepang, dengan sekitar memiliki 14.000 karyawan. Perusahaan ini telah memperluas bisnisnya secara internasional melalui serangkaian akuisisi, termasuk ritel online, teknologi keuangan dan perusahaan telekomunikasi.

Walmart berharap bisa memanfaatkan keahlian Rakuten dalam e-commerce dan juga kemampuan data dan kecerdasan buatannya yang besar. Kemitraan ini juga memungkinkan Walmart menjual katalog enam juta e-book dan buku audio, memberi peritel itu pijakan di pasar yang telah didominasi oleh Amazon yang terus bersaing.

Pelanggan dari usaha baru - yang disebut Rakuten Seiyu Netsuper - akan dapat mengumpulkan poin pada program loyalitas Rakuten, yang dapat digunakan untuk layanan Rakuten. CEO Rakuten Hiroshi Mikitani seperti dilansir Reuters mengatakan kepada wartawan di Tokyo bahwa dia berharap usaha bersama ini dapat menghasilkan kerja sama di bidang-bidang lain.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak