Startegi Jitu Perusahaan Wujudkan Centre of Excellence Digital Berskala Global

Kamis, 14 Desember 2023 - 20:27 WIB
loading...
Startegi Jitu Perusahaan Wujudkan Centre of Excellence Digital Berskala Global
Pupuk Kaltim operasikan HoF untuk tingkatkan kompetensi karyawan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pacu produktivitas dengan penerapan teknologi industri 4.0 , PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim ) mulai mengoperasikan House of Future (HoF) sebagai sarana bagi karyawan untuk peningkatan keterampilan dan kompetensi guna mendukung kinerja melalui adopsi teknologi digital. Pengoperasian fasilitas ini ditandai peresmian langsung oleh direktur utama beserta jajaran direksi dan Komisaris Pupuk Kaltim, Kamis (7/12/2023).



Ketua Tim Pengembangan House of Future (HoF) Ardi Harto Mulyo mengungkapkan, fasilitas ini ditujukan untuk peningkatan kompetensi karyawan, khususnya operator yang berkaitan langsung dengan aktivitas produksi. HoF menggunakan teknologi virtual reality (VR) dan operator training simulator (OTS), yang bisa dimanfaatkan karyawan untuk mensimulasikan seluruh tahapan proses produksi, termasuk problem operasional dan langkah penanganannya. Dari fasilitas ini kompetensi karyawan akan semakin terasah dan memahami secara fasih pengoperasian peralatan sesuai standar.

"House of Future sebagai upaya perusahaan menjamin ketercapaian standar kompetensi karyawan, khususnya di bidang operasi. Namun begitu implementasinya sangat luas, dan ke depannya akan bermanfaat bagi seluruh karyawan dengan beragam job profile," kata Ardi.

Menurut Ardi, HoF akan menjadi pusat pelatihan digital dan tempat belajar bagi karyawan, dengan fasilitas kompetensi pabrik ammonia dan urea tercanggih di Bontang bahkan Pupuk Indonesia Grup. Terlebih di era industri masa kini, berbagai tantangan pun menuntut karyawan untuk lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Pada fasilitas OTS berbasis virtual reality, peserta dapat memahami standar operasional pabrik melalui sudut pandang panel operator di control room maupun field operator di lapangan, karena simulasi virtual dibuat persis menyerupai pabrik ammonia dan urea sebenarnya. Karyawan yang dilatih melalui fasilitas ini dapat merasakan pengalaman seolah turun langsung di lapangan.

Teknologi OTS mensimulasikan proses pabrik ammonia dan urea secara dinamis, baik pada kondisi steady state maupun cold state berdasarkan filosofi fungsi unit proses dan desain operasi. Termasuk parameter operasi pada OTS, dihitung dan disimulasikan berdasarkan prinsip-prinsip teknik kimia seperti termodinamika, perpindahan panas dan massa, kinetika reaksi serta neraca massa dan energi.

"Adanya fasilitas ini diharap semakin mendorong lahirnya individu berkualitas Pupuk Kaltim dalam mendukung pencapaian PKT Emas di masa datang," tambah Ardi.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan pemenuhan kompetensi karyawan khususnya operator merupakan salah satu kunci menjaga produktivitas perusahaan. Terlebih dengan terus berkembangnya metode pembelajaran dunia, sistem berbasis teknologi digital menjadi salah satu cara meningkatkan daya saing serta efektivitas kompetensi.

Hal ini menjadi sangat penting karena knowledge management melalui implementasi teknologi industry 4.0 merupakan langkah fundamental yang harus dikembangkan perusahaan dalam mendorong produktivitas, untuk mencapai target kinerja dengan lebih optimal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)