Apresiasi Atas Brand yang Sukses Perkuat Posisinya di Pasar

Kamis, 14 Desember 2023 - 21:29 WIB
loading...
Apresiasi Atas Brand yang Sukses Perkuat Posisinya di Pasar
Sejumlah brand dinilai mampu memperkuat posisinya di pasar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Untuk yang ke-21 kalinya Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2023 kembali diselenggarakan SWA dan MARS. Ada ratusan brand asli Indonesia yang selama 21 tahun terakhir ini telah berhasil mendapatkan pengakuan.



"Brand yang keluar sebagai pemenang IBBA 2023 ini adalah hasil survei yang diselenggarakan MARS dan SWA menjadi bukti konsistensi dan komitmen kami untuk mendukung brand Indonesia menjadi best brand di dalam negerinya sendiri,” kata, Kemal E. Gani, Group Chief SWA, dikutip Kamis (14/12/2023).

Selanjuntya, Radhi Hersemiaji Kartowisastro, CEO Mars Digital Indonesia menungkapkan apresiasi atas kepercayaan dipilihnya sebagai mitra riset hingga 21 tahun. Tahun ini, untuk mensurvei Indonesia Best Brand pihaknya melibatkan 5.000 responden, baik itu personal maupun rumah tangga.

"Dalam survei kami buat dalam 124 kategori produk dan tahun ada banyak nama-nama baru di kategori baru maupun di kategori yang sebelumnya sudah ada,” jelas Radhi.

Tahun 2023 ini, IBBA dibuka dengan sharing session yang bertajuk “Navigating Multile Challenge to Become best Brand: Lesson Learnt From The Champion”. Tiga pemenang tampil sebagai pembicara dalam sesi ini. Mereka membagikan best practice-nya dalam menavigasi multi-tantangan untuk menjadi best brand.

Mereka adalah Salman Subakat, CEO Nurhayati Subakat Entrepreunership Institute (NSEI)-Paragon Corp, kemudian Fransiscus Soerjopranoto (Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia) dan Bernando Pardamean (Head of Marketing Sari Murni Grup).

Dalam sesinya, Salman Subakat membagikan pengalaman Paragon Techonology & Innovation menavigasi brandnya melewati masa sulit dan ramainya brand skincare pendatang baru ke dalam pasar Indonesia.

“Dahulu Paragon hanya punya Wardah dan setelah 38 tahun sekarang sudah ada 16 brand. Tetapi tantangan eksternalnya pun tidak kalah sengit, sejak sekitar tahun 2010 di Indonesia ada ribuan brand baru untuk kecantikan dan perawatan kulit, tetapi kabar baiknya adalah masyarakat Indonesia kini semakin sadar dan bangga pakai brand lokal yang berkualitas. Jadi saya mau semua pemilik brand lokal Indonesia untuk terus perkuat posisinya karena faktanya orang Indonesia itu cinta dengan merek lokal," ujarnya.



IBBA 2023 kali ini menampilkan nama-nama brand berikut sebagai pemenangnya: Momogi, Bridgestone, Meccaya – Salep 88, Sharp, Kacang Garuda, Gery Saluut, Pilus Garuda, Mountea, Gery Chocolatos, Okky Jelly Drink, Chocolatos, Sanyo, Beras Sania, Viva, Hufagripp, Bank Syariah Indonesia, Polytron, Adira Finance, Auto2000, Tolak Angin Sido Muncul dan Garda Oto.


(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)