Tren di Luar Juga ke Arah Pembayaran Digital melalui QR Code

Senin, 29 Januari 2018 - 08:30 WIB
Tren di Luar Juga ke Arah Pembayaran Digital melalui QR Code
Tren di Luar Juga ke Arah Pembayaran Digital melalui QR Code
A A A
PENGGUNAAN QR Code untuk media pembayaran diprediksi akan menjadi sebuah tren baru nontunai. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki mekanisme pembayaran digital ini. "Nah, yang pasti secara biaya bisa lebih murah karena investasi alatnya minimum. CBC yang digunakan tidak semahal EDC yang sekarang," ujar Dian Kurniadi, Head of Digital Payment Working Group FinTech Association, kepada Fikri Kurniawan dari SINDO Weekly, Rabu (23/1/2018) pekan lalu.

Dian juga mengungkapkan pendapatnya soal rencana Bank Indonesia yang akan mengatur QR Code. Berikut penuturannya.

Bagaimana asosiasi melihat perkembangan QR Code?
Kami melihat ini sebagai solusi untuk menghubungkan penyedia jasa pembayaran, merchant, dan pelanggan dengan biaya yang lebih murah dan cakupan yang lebih luas. Implementasinya juga bisa lebih cepat. Kami pasti mendukung karena tren di luar juga ke arah sana dan sudah ada yang masif di beberapa negara Asia. Sebut saja misalnya di Cina dan Korea, mereka sudah menggunakan QR Code secara intensif.

Bagaimana daya tarik bisnisnya?
Sebenarnya, masih sama. Ada penyelenggara pembayaran, ada merchant, dan ada pelanggan. Nah, yang pasti, biayanya bisa lebih murah. Sebab, investasi alatnya minimum. EDC dengan QR scanner yang digunakan tidak semahal EDC yang sekarang. Bahkan, kalau mau pakai Static QR Code modal stiker saja juga dapat bekerja dengan investasi yang minim. Pelanggan juga menggunakan properti sendiri, yaitu cukup ponsel yang berkamera. Artinya, biaya bisa lebih terjangkau dari merchant dan pelanggan.

Bisa menekan biaya berapa besar?
Kalau referensi di luar negeri, seperti Cina yang sudah menggunakannya secara masif, ada yang bisa menekan satu per tiga puluh kali lebih murah dari rate kartu kredit yang ada sekarang. Itu sangat menarik. Indonesia belum bisa sampai segitu, tetapi seharusnya bisa ditekan lebih murah.

Apa harapan asosiasi dari aturan yang akan dibuat Bank Indonesia terkait QR Code? Simak wawancara selengkapnya di Majalah SINDO Weekly Edisi 48/VI/2018 yang terbit Senin (29/1/2018).

Tren di Luar Juga ke Arah Pembayaran Digital melalui QR Code


(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4688 seconds (0.1#10.140)