Harga Beras Melonjak, Mentan Lempar Bola ke Bulog

Kamis, 01 Februari 2018 - 17:05 WIB
Harga Beras Melonjak, Mentan Lempar Bola ke Bulog
Harga Beras Melonjak, Mentan Lempar Bola ke Bulog
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, pemerintah sudah memberi tugas ke Bulog untuk dapat menyerap produksi beras petani jika musim panen tiba. Langkah ini sebagai upaya menahan laju harga beras yang melonjak sepanjang Januari 2017.

Menurutnya, sesuai keputusan kementerian terkait, Bulog akan menyerap panen petani mulai bulan depan dengan jumlah 2,2 juta ton.

"Komitmen kita adalah mulai Februari, Juni itu menyerap 2,2 juta ton beras oleh Bulog. Itu kesepakatan di rakortas. Ini kita kerja bersama kita dengan Kementan, Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan," ujarnya di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Dia mengungkapkan, keseluruhan produksi padi petani pada tahun ini diperkirakan mencapai 80 juta ton, jumlah ini yang harus dimaksimalkan oleh Bulog untuk diserap.

"Totalnya kita perkirakan gabah nanti 80 juta selama setahun. Bulog terserap berapa sekarang? Optimalkan lagi," kata Amran.

Sementara, Menteri Perdagangan Enggartriasto Lukita menambahkan, melonjaknya harga beras Januari akibat kekurangan pasokan.

"Ya sudah benar (ada kekurangan suplai), ngapain lagi. Februari insya Allah, kita berbagai upaya stabilisasi harga. Kita isi dengan pasokan, berusaha semaksimal mungkin," kata Mendag.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8933 seconds (0.1#10.140)