Patra Jasa Gandeng Pertamina Foundation Wujudkan Nol Emisi di 2060

Sabtu, 16 Desember 2023 - 22:37 WIB
loading...
Patra Jasa Gandeng Pertamina Foundation Wujudkan Nol Emisi di 2060
Patra Jasa menjalin kerja sama dengan Pertamina Foundation dalam rangka mewujudkan net zero emission 2060. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Patra Jasa menjalin kerja sama dengan Pertamina Foundation dalam rangka mewujudkan net zero emission 2060. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Patra Jasa dengan Pertamina Foundation.

Patra Jasa bersama Pertamina Foundation akan melaksanakan programTanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) lewat program Blue Carbon Initiative (BCI). BCI merupakan program nature based solutions atau solusi berbasis alam, yakni solusi yang mengacu pada pengelolaan dan penggunaan alam yang berkelanjutan untuk mengatasi tantangan sosial lingkungan, seperti perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan peningkatan tingkat kesejahteraan manusia.

"Pada kerja sama ini, beberapa lokasi milik Patra Jasa akan dilakukan upaya pengurangan emisi, salah satunya kami mulai terlebih dahulu di pulau Bira. Patra Jasa siap berkontribusi menyukseskan tujuan dan aspirasi Pertamina kaitannya untuk net zero emission. Kami berharap operasi bisnis ke depannya tidak hanya dapat berkontribusi pada pertumbuhan bisnis tapi juga menerapkan aspek keberlanjutan bagi bumi," kata Direktur Utama PT Patra Jasa, Putut Ariwibowo dalam pernyataannya, Sabtu (16/12/2023).



Tahun ini, BCI meraih penghargaan Environment Initiative of the Year dalam kompetisi Marketing Excellence Award 2023 yang diselenggarakan oleh Marketeers. Penghargaan ini diberikan karena dinilai memiliki aspek keberlanjutan yang berdampak pada penguatan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan pelestarian lingkungan.

"Kami berharap BCI mampu menjadi penggerak dalam pengurangan emisi karbon melalui restorasi maupun rehabilitasi mangrove dan pengelolaan berkelanjutan, turut berkontribusi pula pada ekonomi masyarakat dan perlindungan keanekaragaman hayati setempat. Kolaborasi dengan Patra Jasa akan mampu memperluas kebermanfaatan program ini, baik untuk bumi maupun masyarakat," ungkap Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari.



Sebelumnya, Patra Jasa juga ikut berperan mencapai nol emisi pada 2060 dengan membangun fasilitas Research & Technology Center (RTC). RTC Terintegrasi Pertamina diharapkan akan melahirkan inovasi yang mampu mendukung kemandirian dan transisi energi Indonesia ke depan. Inisiatif Patra Jasa dan Pertamina Foundation Inisiatif ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPBs) utamanya tujuan ke-13 penanganan perubahan iklim dan tujuan ke-14 menjaga ekosistem laut.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)