Sebelum Beli Mobil Listrik, Perhatikan 4 Hal Ini

Sabtu, 16 Desember 2023 - 23:15 WIB
loading...
Sebelum Beli Mobil Listrik, Perhatikan 4 Hal Ini
Pasar mobil listrik semakin semarak di Indonesia. (Foto: Wahyu Sibarani)
A A A
JAKARTA - Pasar mobil listrik di Indonesia semakin kaya dengan kehadiran sejumlah produk baru. Di sisi lain, pemerintah juga terus berusaha mendorong penggunaan mobil listrik dengan mengeluarkan sejumlah insentif.

Terbaru, mobil listrik berstatus CBU atau impor bakal dapat insentif. Sebelumnya, mobil listrik juga dibebaskan dari aturan ganjil genap di Jakarta. Terlepas dari banyaknya keuntungan membeli mobil listrik, penting juga memperhatikan sejumlah hal di bawah ini, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lakukan riset


Bandingkan berbagai jenis mobil listrik yang tersedia di pasaran untuk menemukan mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan.


2. Kapasitas Baterai


Pertimbangkan jangkauan jarak tempuh dan kapasitas baterai mobil listrik sesuai kebutuhan. Jarak tempuh harian yang biasa dilalui perlu diperhatikan. Jika sering bepergian jauh, pilih mobil listrik dengan jarak tempuh yang cukup.

3. Fasilitas Aftersales


Berkonsultasi dengan dealer terkait fasilitas charging , biaya pemeliharaan dan operasional, serta layanan jaminan dan purna jual. Dealer dapat membantu memberikan informasi dan memahami manfaat memiliki mobil listrik.


4. Kualitas Baterai


Pastikan kualitas baterai diuji dengan standar Worldwide atau Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Cycle/WLTC). Standar ini berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi efisiensi dan kinerja energi dari kendaraan listrik.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)