Orasi Ilmiah di UNP Padang, Mahfud MD Berharap Wisudawan Bukan Sekadar Sarjana tapi Intelektual

Minggu, 17 Desember 2023 - 14:55 WIB
loading...
Orasi Ilmiah di UNP Padang, Mahfud MD Berharap Wisudawan Bukan Sekadar Sarjana tapi Intelektual
Menko Polhukam Mahfud MD saat mengisi Orasi Ilmiah Wisuda UNP, Jalan Prof Dr Hamka, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (17/12/2023). FOTO/MPI
A A A
PADANG - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berharap wisudawan Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi intelektual. Bukan saja ahli di bidang keilmuwan tapi juga memiliki kemuliaan moral.

Hal ini disampaikan Mahfud MD saat mengisi Orasi Ilmiah Wisuda UNP, Jalan Prof Dr Hamka, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (17/12/2023). Menurutnya, sarjana hanyalah tanda keahlian di bidang ilmu. Mereka belum tentu intelektual berdasar kemuliaan moral.

Karena itu, para wisudawan jangan hanya menjadi sarjana tetapi jugai intelektual. Mahfud mengungkapkan, saat ini banyak sarjana hukum menggunakan pasal hukum untuk menipu orang.



"Mencerdaskan otak, memuliakan watak. Landasi ijazah Anda dengan moralitas. Di Tanah Minang ini, agama sangat penting sebagai landasan tindakan. Sesuai konstitusi ilmu pengetahuan (optek) dikembangkan berdasarkan iman, taqwa, akhlak," kata calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo ini.

Mahfud membeberkan, dari total jumlah koruptor, 84% adalah lulusan perguruan tinggi. Jika jumlah koruptor sebanyak 1.300, maka sebanyak 900 orang adalah sarjana.

"Tetapi ada 17.600.000 lulusan perguruan tinggi. Yang rusak hanya sedikit. Artinya apa, selain mengasah otak, juga harus perbaiki wataknya. Mari kita jaga Indonesia ini melalui semangat bela negara agar tercapai Indonesia Emas 2045," ungkap Mahfud.

Usai orasi Ilmiah di UNP, Mahfud hadir dalam acara Halaqoh Kebangsaan dan Pelantikan Majelis Dzikir Al Wasilah di Asrama Haji Padang, Jalan Parupuk Tabing, Koto Tangah, Kota Padang. Sesudahnya, Mahfud sempat mampir di Kantor Partai Hanura Padang untuk tanya jawab dengan kader partai pengusung dan awak media.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)