Sejarah dan Asal Usul Nama Solok, Jejak Perjalanan Kota yang Kaya Akan Warisan

Selasa, 19 Desember 2023 - 14:49 WIB
loading...
Sejarah dan Asal Usul Nama Solok, Jejak Perjalanan Kota yang Kaya Akan Warisan
SOLOK, sebuah nama yang mengandung makna mendalam bagi penduduknya, memancarkan pesona sejarah yang kaya serta kekayaan budaya yang memikat, di antaranya obyek wisata Danau Kembar. Foto/Instagram @een-bone
A A A
SOLOK, sebuah nama yang mengandung makna mendalam bagi penduduknya. Nama Solok memancarkan pesona sejarah yang kaya serta kekayaan budaya yang memikat.

Terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia, kota ini bukan hanya sebuah tempat, tetapi juga suatu cermin dari warisan yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini.



Lantas bagaimana sejarah dan asal-usul nama Solok? simak ulasannya sebagai berikut:

Asal-Usul Nama Solok


Dilansir dari laman resmi Kota Solok, asal-usul nama Solok berasal dari sebutan Nagari Solok, yang seiring waktu menjadi populer sebagai cara untuk menyebut asal daerah seseorang saat berada di luar daerahnya.

Meskipun orang tersebut sesungguhnya berasal dari Nagari Selayo, Koto Baru, Cupak, Talang, Singkarak, Koto Anau, Gauang, Panyakalan, Muara Panas, Kinari, Kayu Aro, Guguk, dan lain sebagainya.

Meskipun sebenarnya ada banyak daerah lain yang menjadi asal orang-orang tersebut. Konon, sebutan Solok memiliki arti saelok atau baik.

Sejarah Solok


Daerah Solok awalnya berasal dari sejarah Kubuang Tigobaleh, ketika 13 datuk dari kerajaan Minangkabau diusir karena dianggap pembangkang oleh raja.



Mereka mencari daerah baru dari Pariangan Padang Panjang menuju Danau Singkarak, hingga sampai di daerah Aripan.

Di sana, mereka melihat hamparan datar di bawah dan berkata, "tampak nan raso kaelok" yang kemudian menjadi "Solok," yang konon berarti baik.

Sebuah rombongan perjalanan mengunjungi beberapa tempat ketinggian seperti Bukit Gurun dan Air Berangin, namun kemungkinan tempat asal nenek moyang orang Solok adalah Padang si ribu-ribu atau bukit di antara Teluk dan Tanjung Paku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8180 seconds (0.1#10.140)