Inflasi Januari China Mereda Saat Pasar Saham Global Melemah

Jum'at, 09 Februari 2018 - 11:03 WIB
Inflasi Januari China Mereda Saat Pasar Saham Global Melemah
Inflasi Januari China Mereda Saat Pasar Saham Global Melemah
A A A
BEIJING - Inflasi produsen dan konsumen China pada Januari mereda seperti yang diharapkan, bahkan saat pasar saham global melemah. Karena, kekhawatiran bahwa tekanan harga perlahan-lahan bangkit di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (9/2/2018), sebuah moderasi dalam inflasi China akan mendukung pandangan bahwa negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini perlahan mulai kehilangan beberapa momentum setelah ramalan-mengalahkan pertumbuhan ekonomi 6,9% pada 2017.

Namun, data dari China di awal tahun harus dengan hati-hati karena distorsi bisnis dan harga yang disebabkan libur perayaan Tahun Baru Imlek yang panjang, yang jatuh pada akhir Januari 2017, namun dimulai pada pertengahan Februari tahun ini.

Inflasi produsen China turun untuk bulan ketiga berturut-turut di Januari dan sedikit lebih tinggi dari perkiraan. Data resmi menunjukkan pada Jumat, menunjukkan pertumbuhan laba tahun lalu yang kuat di sektor industri mungkin akan mulai pudar.

Keuntungan yang lebih rendah dapat mengganggu kemampuan perusahaan China untuk melayani dan membayar sejumlah utang besar karena Beijing berupaya mengurangi risiko dalam sistem keuangan.

Indeks harga produsen (PPI) naik 4,3% pada Januari dari tahun sebelumnya, kenaikan terkecil dalam 14 bulan dan dibandingkan dengan 4,9% pada Desember.

Analis memperkirakan inflasi berada pada angka 4,4%, dengan alasan kenaikan harga bahan baku dan barang jadi seperti baja yang lebih ringan.

Secara bulanan, PPI naik 0,3% pada Januari, kurang dari setengah laju yang terlihat di bulan sebelumnya. Inflasi konsumen China juga turun ke level terendah sejak Juli 2017.

Biro Statistik Nasional (NBS) mencatat bahwa Indeks harga konsumen (IHK) naik 1,5% dari tahun sebelumnya, sejalan dengan ekspektasi dan melambat dari kenaikan Desember sebesar 1,8%. CPI sendiri naik 0,6% pada Januari.

Indeks harga pangan turun 0,5% dari tahun sebelumnya karena basis yang lebih tinggi tahun lalu, setelah turun 0,4% pada Desember. Harga non-makanan naik 2,0% dibanding 2,4% pada Desember.

Sumber mengatakan kepada Reuters bahwa pemerintah China akan mempertahankan target inflasi konsumen 3% untuk tahun 2018, menunjukkan pembuat kebijakan tidak memperkirakan adanya kenaikan harga yang tajam yang dapat memaksa bank sentral mengubah arah dan memperketat kebijakan dengan lebih cepat.

Pasar saham global mulai jatuh pada Jumat lalu setelah laporan pasar tenaga kerja AS yang sehat memicu kekhawatiran kenaikan inflasi yang dapat memicu kenaikan suku bunga bank sentral.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5766 seconds (0.1#10.140)