Rusia Terima Kapal Perang Baru Fregat Admiral Golovko, Bersenjata Rudal Jelajah Kalibr-NK

Selasa, 19 Desember 2023 - 20:19 WIB
loading...
Rusia Terima Kapal Perang Baru Fregat Admiral Golovko, Bersenjata Rudal Jelajah Kalibr-NK
Angkatan Laut Rusia (VMF) menerima kapal perang baru Fregat Admiral Golovko dari proyek 22350 yang dilengkapi senjata andalan rudal jelajah Kalibr-NK. Foto/Bulgarian Military/MoD
A A A
MOSKOW - Angkatan Laut Rusia (VMF) menerima kapal perang baru Fregat Admiral Golovko dari proyek 22350 yang dilengkapi senjata andalan rudal jelajah Kalibr-NK. Kapal Fregat Admiral Golovko dibangun di galangan kapal Severnaya Verf dan akan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada 25 Desember.

Informasi penyerahan kapal fregat baru Angkatan Laut Rusia dilaporkan kantor berita Rusia TASS dari sumber tidak resmi. “Serah terima fregat Admiral Golovko ini merupakan kapal ketiga dari seri proyek 22350 yang dibangun di Galangan Kapal Utara,” tulis TASS dikutip SINDOnews, Selasa (19/12/2023).

Pada 23 November 2023, seperti dikutip TASS dari sumber rahasia dalam industri militer, dilaporkan bahwa kapal fregat Laksamana Golovko telah kembali ke Baltik untuk melakukan inspeksi, setelah menyelesaikan uji coba. Tujuan uji coba salah satunya untuk melaksanakan penembakan di tempat latihan tempur armada di Laut Barents.



Kapal fregat Admiral Golovko adalah kapal penting dalam fregat kelas Admiral Gorshkov yang beroperasi menggunakan pembangkit listrik dalam negeri. Ini menandai pergeseran dari penggunaan tenaga listrik yang diimpor dari Ukraina. Karya teknik terbaik ini merupakan aset kebanggaan Angkatan Laut Rusia.

Kelas Admiral Gorshkov memiliki garis keturunan dari fregat kelas Neustrashimy dan Krivak. Namun, desain kapal modern ini telah mengalami peningkatan yang signifikan dengan menggunakan pembangkit tenaga listrik serbaguna.

Dirancang untuk beragam operasi, mulai dari melakukan serangan jarak jauh dan memerangi perang kapal selam hingga melakukan misi pengawalan. Kapal fregat Admiral Golovko unggul dalam keserbagunaan dan kecakapan militer.

Panjang fregat kelas Admiral Gorshkov sekitar 135 meter dan lebar sekitar 16 meter. Kapal fregat kelas Admiral Gorshkov digerakkan oleh sistem propulsi gabungan turbin gas dan diesel (CODAG).



Kapal fregat ini memiliki kecepatan tertinggi sekitar 29 knot atau sekitar 54 kilometer per jam. Jangkauan fregat kelas Admiral Gorshkov diperkirakan sekitar 4.000 mil laut atau sekitar 7.400 kilometer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)