Moeldoko Sarankan Masyarakat di Pelosok Papua Diajarkan Pertanian

Sabtu, 10 Februari 2018 - 20:02 WIB
Moeldoko Sarankan Masyarakat di Pelosok Papua Diajarkan Pertanian
Moeldoko Sarankan Masyarakat di Pelosok Papua Diajarkan Pertanian
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyarankan warga nomaden di pelosok seperti Papua diajarkan bercocok tanam. Hal tersebut untuk mengatasi persoalan gizi buruk dan campak di Papua yang jadi sorotan.

Untuk itu, Moeldoko sudah mengemukakan saran ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Moeldoko merekomendasikan supaya TNI yang dikirim ke Papua, untuk mengajarkan bercocok tanam.

"Saya sudah mengusulkan ini ke Pak Presiden. Persoalan utamanya bukan kesehatan, tapi persoalan masyarakat di sana yakni dalam mencari makan itu tidak ada kepastian," kata Moeldoko dalam keterangan resmi, Sabtu (10/2/2018).

Menurutnya, masyarakat di pelosok Papua punya kebiasaan hidup berpindah-pindah dari satu titik ke titik yang lain. Pada kondisi demikian, kontrol kesehatan jadi lebih sulit, termasuk uluran bantuan juga menjadi tidak mudah.

"Kita siapkan mereka untuk bertani. Saya menyarankan, perlu dikirim tentara masuk desa untuk menyiapkan sarana dan prasarana pertanian," kata Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini menyatakan, prajurit TNI berkomitmen mendukung usaha membangun ketahanan pangan di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memberikan bantuan tenaga pembangunan di sektor pertanian.

"TNI harus dilibatkan dalam kegiatan usaha ketahanan pangan. Prajurit TNI itu tidak banyak tugas di daerah operasi, dan kegiatannya hanya latihan saja," ujar dia.

Moeldoko mengatakan pula, TNI memiliki banyak prajurit. Potensi ini, ujar dia, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat di bidang pertanian. Dia menambahkan bahwa prajurit TNI sudah terbiasa membantu pembangunan.

Contohnya, sebut Moeldoko, TNI sudah berulang kali melakukan kegiatan perbaikan jalan, jembatan, atau infrastruktur lain, dalam keadaan normal maupun saat bencana melanda.

"Selain itu, prajurit TNI juga membantu merehabilitasi rumah rakyat sebagai bagian dari program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sektor pertanian juga dibantu sepenuh hati selama ini," pungkas Moeldoko yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4770 seconds (0.1#10.140)