Jokowi Groundbreaking Gedung Polres di IKN, Rogoh Anggaran Rp160 Miliar

Kamis, 21 Desember 2023 - 12:15 WIB
loading...
Jokowi Groundbreaking Gedung Polres di IKN, Rogoh Anggaran Rp160 Miliar
Presiden Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan Polres Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara pada hari ini Rabu 21 Desember 2023. FOTO/Biro Pers Istana
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) melakukan groundbreaking pembangunan Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor (Polres) Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara pada hari ini Rabu 21 Desember 2023.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung polres khusus kawasan IKN," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan bahwa Polres IKN akan dibangun diatas lahan seluas 6.189 meter persegi dengan anggaran mencapai Rp 160 miliar.

"Di atas lahan seluas 6.189 meter persegi ini bukan luas lahan, luas lahannya seingat saya 12 hektar, ini adalah luas bangunan, dan pembangunan gedung Polres ini akan dibangun sekitar 9 bulan dengan anggaran sebesar 160 miliar," jelasnya.



Jokowi juga menitipkan agar pembangunan Polres IKN terfokus pada bangunan hijau atau green building. Sebab, katanya, semua bangunan di IKN sudah terkonsep kawasan hijau.

"Saya minta untuk desain Polresnya juga sedikit dikoreksi agar muncul green buildingnya," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta untuk dipasang CCTV di semua sudut IKN berbarengan dengan pembangunan Polres IKN. Dirinya juga meminta adanya command center dan analisis untuk artificial intelligence (AI).

"Saya minta sejak awal disiapkan direncanakan dan dikompliti sekalian. Ini akan kita jadikan contoh bahwa Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depan, yang berkaitan dengan kriminalitas utamanya dalam rangka menjaga dan melindungi warga di ibu kota nusantara," kata Jokowi.

"Sehingga nanti bisa dijadikan contoh untuk kota kota yang lainnya, termasuk tentu saja organisasinya harus betul betul disiapkan secara khusus," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)