iSpace China Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa yang Dapat Digunakan Ulang

Kamis, 21 Desember 2023 - 13:34 WIB
loading...
iSpace China Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa yang Dapat Digunakan Ulang
Perusahaan peluncuran komersial China, iSpace sukses mengirimkan pesawat ruang angkasa kecil yang dapat digunakan ulang ke orbit. Foto/CCTV/Space
A A A
BEIJING - Perusahaan peluncuran komersial China , iSpace sukses mengirim pesawat ruang angkasa kecil yang dapat digunakan ulang ke orbit. Pesawat ruang angkasa yang diberi nama Di'er-1 (DEAR-1) membawa muatan sains untuk menguji teknologi masuk kembali.

“Peluncuran pesawat ruang angkasa Di-er-1 menggunakan roket Hyperbola-1 keenam milik iSpace. Peluncuran dilakukan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China Minggu 17 Desember 2023,” tulis laman Space dikutip SINDOnews, Kamis (21/12/2023).

Pesawat luar angkasa ini digambarkan sebagai satelit verifikasi pesawat ruang angkasa mikro seri A-10 yang dikembangkan AZSPACE, sebuah perusahaan kedirgantaraan komersial yang berbasis di Beijing. Satelit ini merupakan prototipe dari satelit seri B300 yang lebih besar dan dapat dipulihkan.



Satelit tersebut dikatalogkan oleh Angkatan Luar Angkasa AS pada orbit dekat kutub sekitar 500 kilometer. Ini adalah pertama kalinya iSpace menempatkan satelit di orbit sejak peluncuran pertama bersejarahnya pada Juli 2019, ketika roket padat empat tahap Hyperbola-1 mencapai orbit.

Laman Space menyebutkan, tiga peluncuran Hyperbola-1 berikutnya semuanya berakhir dengan kegagalan. Yang kelima, diluncurkan pada bulan April tahun ini, mencapai orbit tetapi tidak membawa muatan aktif.

AZSPACE berfokus pada perancangan pesawat ruang angkasa yang dapat dipulihkan dan teknologi masuk kembali terkait. Satelit Di'er-1 dirancang untuk melakukan uji verifikasi teknologi platform skala kecil di orbit.

Pesawat luar angkasa itu membawa muatan observasi optik dan ilmu kehidupan, menurut pernyataan iSpace. AZSPACE awal tahun ini mengajukan proposal untuk sistem transportasi kargo stasiun ruang angkasa berbiaya rendah menyusul permintaan proposal dari badan penerbangan luar angkasa manusia China, CMSA.



Namun, AZSPACE tidak terpilih untuk maju ke babak berikutnya. Sedangkan iSpace mengerjakan lepas landas vertikal, teknologi pendaratan vertikal yang diperlukan untuk membuat kendaraan peluncur berikutnya yang lebih besar dan lebih kompleks – Hyperbola-3 – dapat digunakan kembali.

Perusahaan tersebut melakukan sepasang uji "lompatan" di Jiuquan dalam beberapa minggu terakhir, mencapai ketinggian 343 meter dan melintasi 50 m hingga mencapai area pendaratan. Tes ini serupa dengan lompatan Belalang SpaceX sebagai bagian dari pengembangan perintis Falcon 9, tahap pertama yang telah diluncurkan dan mendarat ratusan kali.

iSpace menargetkan penerbangan pertama roket Hyperbola-3 pada tahun 2025. Roket tersebut mampu membawa beban seberat 13.000 kilogram ke orbit rendah Bumi. Misi Hyperbola-1 menjadi peluncuran orbital ke-62 China pada tahun 2023.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7067 seconds (0.1#10.140)