alexametrics

Merger Bank Syariah Baik bagi Perkembangan Perbankan

loading...
Merger Bank Syariah Baik bagi Perkembangan Perbankan
Merger bank syariah baik bagi perbankan di Indonesia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Direktur Riset Center of Reform on Economy (CORE) Pieter Abdullah Redjalam menilai, rencana merger bank syariah milik pemerintah memang sudah terdengar lama. Menurut dia, rencana ini sangat baik dengan pertimbangan, pertama, sejalan dengan arsitektur perbankan Indonesia yaitu mengurangi jumlah bank di Indonesia.

Kedua, sekaligus meningkatkan modal bank hingga bisa masuk ke buku III yang artinya operasional bank bisa lebih luas. "Dengan operasional bank yang lebih luas maka peran bank syariah milik pemerintah akan lebih besar dalam memajukan perbankan syariah," kata Piter saat dihubungi SINDOnews, Senin (19/2/2018) malam. Namun tantangannya adalah bagaimana mewujudkannya.

Dia menuturkan, idealnya empat bank ini, yaitu BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BRI Syariah dan Unit Usaha Syariah BTN dimerger menjadi satu bank syariah. Dengan catatan, UUS BTN harus sudah selesai terlebih dahulu proses pemisahannya dengan BTN.



Menurut Piter, pemerintah sebaiknya jangan tanggung melakukan merger misal hanya merger dua bank syariah. Apabila ingin efektif, lakukan merger empat bank syariah. Biaya dan tantangan antara merger dua bank dan merger empat bank relatif sama besarnya.

Sementara merger empat bank akan lebih efektif membantu membesarkan perbankan syariah secara keseluruhan."Dipahami akan banyak pihak yang mungkin keberatan atas ide merger empat bank," ungkapnya.

Tetapi kepentingan perbankan secara umum harus dikedepankan. "Merger empat bank akan jauh lebih berdampak positif terhadap perkembangan perbankan syariah di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN saat ini sedang mengkaji rencana merger bank syariah BUMN untuk memperkuat modal unit intermediasi syariah. Saat ini terdapat empat bank syariah BUMN yakni PT Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah, PT Bank Mandiri Syariah, dan Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Tabungan Negara.

UUS milik BTN menjadi yang paling santer diperkirakan akan dimerger dengan bank BUMN syariah lain.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak