Makna Pesan lewat Bahasa Isyarat Ganjar-Mahfud di Red Carpet Debat Cawapres

Sabtu, 23 Desember 2023 - 12:02 WIB
loading...
Makna Pesan lewat Bahasa Isyarat Ganjar-Mahfud di Red Carpet Debat Cawapres
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melakukan sebuah aksi dengan tangan seperti mengisyaratkan abjad. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, datang bersamaan di tempat Debat Pilpres kedua di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam. Mereka tampil kompak menggunakan baju adat khas daerah di Indonesia.

Ganjar Pranowo menggunakan baju adat khas Nusa Tenggara Timur, sementara Mahfud MD tampil menggunakan maju adat khas daerah asalnya, Madura.

Ketika tiba di tempat debat yang menampilkan cawapres itu, keduanya disambut meriah oleh para pendukung yang turut hadir. Tak hanya mencuri perhatian lewat busana yang digunakan, pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 ini juga berhasil menjadi sorotan akibat aksi yang dilakukan di red carpet.



Ganjar dan Mahfud sempat melakukan sebuah aksi dengan tangan seperti mengisyaratkan abjad. Menurut ahli bahasa isyarat Sonya Louise Maramis, Ganjar dan Mahfud mengisyaratkan huruf S sebanyak dua kali dan huruf T sebanyak dua kali.

“Kalau ini sih yang saya lihat isyarat S dan T, lalu angka 3,” kata Sonya kepada MNC Portal Indonesia melalui pesan singkat, Jumat (22/12/2023).

Ternyata makna isyarat yang dilakukan Ganjar dan Mahfud untuk mewakili slogan mereka yakni Sat Set dan Tas Tes atau yang berarti kerja cepat dan unggul. Slogan tersebut bukan kali pertama diselipkan oleh kedua pasangan capres-cawapres tersebut.

“S=sat.. S=set.. T=tas.. T=tes jadi kalau digabung Sat Set Tas Tes. Artinya singkatan dari slogan Sat Set Tas Tes,” tutur Sonya.

Sebelumnya slogan tersebut juga tertera di kemeja yang digunakan oleh Ganjar saat menghadiri acara Debat Pilpres perdana pada 12 Desember lalu. Bahkan slogan itu sempat viral di media sosial.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)