alexametrics

Hadapi Ekonomi Digital, Menperin Genjot Infrastruktur Pendukung

loading...
Hadapi Ekonomi Digital, Menperin Genjot Infrastruktur Pendukung
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menerangkan, pemerintah saat ini terus memperkuat infrastruktur digital. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menerangkan, pemerintah saat ini terus memperkuat infrastruktur digital. Seperti diketahui kecepatan internet di Indonesia yang masih lemah menjadi tantangan tersendiri dalam menghadapi era ekonomi digital.

Pembangunan infrastruktur seperti jaringan diperlukan untuk memenangkan persaingan global. Lebih lanjut Menperin menerangkan salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan meningkatkan investasi di satelit Palapa. "Sinergi, kita bicarakan soal infrastruktur, itu ditangani oleh Kominfo. Investasi salah satunya Palapa Ring, itu fiber optik," ujarnya di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Airlangga menjelaskan, cakupan jaringan fiber optik ini yang harus diperluas lagi. Sehingga bisa menjangkau seluruh wilayah, termasuk industri kecil yang berada di daerah-daerah terpencil.

"Fiber optik itu tentu bandwidth perlu diperluas lagi, itu kan infrastruktur. Karena itu, dengan Kominfo kita punya untuk industri kecil dan menengah disiapkan bandwidth lebih besar," katanya.

Dia menambahkan, pemerintah sekarang sedang fokus mendorong industri kimia, tekstil, otomotif, serta makanan dan minuman (mamin). Diharapkan keempatnya dapat mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi digital. "Ini masih pilot project. Capaian pertumbuhannya ke depan bisa akselerasi pembangunan. Kita masih membahas dengan kementerian lain," pungkas Airlangga.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak