alexametrics

Pemerintah Akan Remajakan Sawit Rakyat 185.000 Ha Tahun Ini

loading...
Pemerintah Akan Remajakan Sawit Rakyat 185.000 Ha Tahun Ini
Kementan tahun ini berencana meremajakan tanaman kelapa sawit milik petani seluas 185.000 hektare. Foto: Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah tahun ini menargetkan untuk melakukan peremajaan (replanting) tanaman kelapa sawit milik petani seluas 185.000 hektare (ha). Target seluas itu diharapkan bisa dicapai dengan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan kelapa sawit.

"Untuk replanting perkebunan kelapa sawit milik petani tahun 2018 ini seluas 185.000 ha. Namun, untuk melakukan itu tidaklah semudah membalikkan tangan, sehingga replanting ini harus menjadi tanggung jawab bersama,” ujar Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Bambang dalam seminar bertema Kiat Sukses Replanting dan Meningkatkan Produktivitas Sawit Secara Berkelanjutan di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Menurut Bambang, replanting diperlukan mengingat saat ini sudah banyak tanaman kelapa sawit milik petani yang berumur di atas 25 tahun. Selain itu, tanaman sawit tersebut mayoritas menggunakan benih asalan alias tak bersertifikat. Akibatnya, produktivitasnya jauh di bawah potensi yang dimiliki tanaman tersebut.

Bambang mengungkapkan, produktivitas tanaman sawit rakyat saat ini rata-rata hanya sekitar 10-12 ton tandan buah segar (TBS)/ha/tahun. Produktivitas ini jauh di bawah kebun milik perusahaan swasta yang rata-rata sekitar 30 ton TBS/ha/tahun. "Artinya dengan meningkatkan produktivitas kebun sawit petani, sama saja dengan meningkatkan kesejahteraan petani," imbuhnya.

Data Ditjen Perkebunan menunjukkan pada 2017 total luas perkebunan kelapa sawit nasional mencapai 14,02 juta ha. Kebun tersebut terbagi atas perkebunan swasta, BUMN dan kebun milik rakyat/petani. "Untuk kebun milik petani itu ada sekitar 5 juta ha dan yang 2 juta ha itu seharusnya di-replanting karena produktivitasnya sudah rendah sekali," katanya.
    
Bambang juga mengatakan bahwa semua pihak akan dilibatkan dalam program replanting, di antaranya pemerintah daerah (pemda) selaku penanggung jawab yang mengeluarkan izin, perusahaan selaku pembeli TBS milik petani, dan produsen benih selaku penyedia bibit sawit.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak