alexametrics

Industri Fintech Masih Belum Dilirik Generasi Millenial

loading...
Industri Fintech Masih Belum Dilirik Generasi Millenial
Para peserta di acara diskusi bertajuk How To Get Investment from Investor di Fairmont Hotel, Jakarta, Kamis (22/2/2018). Foto: Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) PT Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro menilai bahwa saat ini industri teknologi finansial (financial technology/fintech) masih belum dilirik oleh anak muda (generasi millenial). Menurutnya, para pelaku di industri tersebut lebih banyak dari mereka yang telah memiliki pengalaman di sektor manajemen atau perbankan.

(Baca Juga: Mandiri Capital Tekankan Pentingnya Investasi Digital Banking)

Dia mengatakan, industri fintech merupakan industri yang lebih spesifik dan lebih banyak diminati oleh orang-orang di generasi terdahulu. Sementara generasi millenial lebih tertarik untuk menjadi startup di industri kuliner, marketplace ataupun logistik.



"Fintech itu memang susah, agak lebih spesifik. Startup founder yang kita temui itu banyakan sudah beruban. Saya ketemu anak kampus nanya mau kerja di bank mandiri nggak, nggak mau mereka. Mereka malah mau bikin startup, dan bukan fintech, tapi marketplace, kuliner, sosmed, logistik. Karena mereka paham soal itu," katanya dalam acara diskusi bertajuk How To Get Investment from Investor di Fairmont Hotel, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Menurutnya, generasi millenial tidak tertarik menjalani bisnis fintech juga karena mereka bukan merupakan pelanggan bank secara masif. Kebanyakan pelaku di industri fintech merupakan mantan bankir atau orang-orang yang memiliki pengetahuan di bidang informasi dan teknologi (IT).

"Jarang ada anak kuliah yang bikin fintech, mereka belum jadi pelanggan bank secara masif. so most to the fintecth startup yang kita temui itu ex banker atau ex IT people yang jadi vendor perbankan dulu. Dulu Ahmad Zaki membuka bukalapak.com masih di kampus, Mark Zuckerberg juga, tapi fintech startup jarang. Foundersnya lebih major," tandasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak