alexametrics

Wings Air Resmi Melayani Rute Malinau-Balikpapan

loading...
Wings Air Resmi Melayani Rute Malinau-Balikpapan
Wings Air membuka rute penerbangan Malinau-Balikpapan. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Wings Air, maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group resmi melakukan inaugural flight yang menghubungkan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) ke Malinau, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Penerbangan berangkat dari Malinau dengan nomor IW 1477 pada 09.35 dan tiba di Balikpapan pukul 11.00 waktu setempat, dengan tingkat keterisian penumpang 100%, terdiri 71 penumpang dewasa dan satu bayi.

Untuk rute sebaliknya, bernomor IW 1478 dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan (BPN) pada 07.45 dan tiba di Bandar Udara Robert Atty Bessing, Malinau (MWW) pukul 09.15 waktu setempat. Wings Air melayani rute ini dengan frekuensi satu kali dalam sehari dengan menggunakan armada terbaru ATR 72-500/ 600 yang berkapasitas 72 kursi.



"Keuntungannya, masyarakat hanya membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 90 menit, jika dibandingkan menggunakan jalur darat hingga lebih dari 24 jam," kata Direktur Operasi Wings Air Redi Irawan dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (24/2/2018).

Menurut dia, hadirnya Wings Air di Malinau mampu menyediakan pilihan transportasi baru yang lebih terjangkau, cepat dan mudah. "Kami memproyeksikan tingkat isian penumpang dan barang (load factor) bsia mencapai lebih dari 85% setiap harinya," papar dia.

Wings Air terus memperkuat akses antarwilayah melalui udara khususnya dalam mendukung peningkatan potensi pariwisata dan mampu mendongkrak sektor bisnis lainnya di Kalimantan Utara. Keberadaan Wings Air di Malinau melengkapi jaringan Lion Air Group di Kaltara yang telah menerbangi Tanjung Selor dan Tarakan.

Dengan terhubungnya Malinau dengan Balikpapan, kini warga Malinau dan sekitarnya semakin mudah dalam melanjutkan konektivitas penerbangan ke beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Solo, Makassar, Palu, Manado, Pontianak dan kota besar lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Utara, Taupan mengungkapkan, penerbangan pertama Wings Air tentunya memberikan alternatif baru dari transportasi darat dan sungai yang ada saat ini.

Seiring dengan pengembangan infrastruktur layanan penerbangan di Bandar Udara Robert Atty Bessing, tingginya permintaan penumpang pesawat udara di Malinau menunjukan tren positif peningkatkan tiap tahunnya. "Saya yakin, Wings Air mampu memberikan dampak positif dalam hal ini sejalan progam pemerintah kabupaten," papar Taupan.

Hingga saat ini Wings Air telah terbang ke 107 destinasi di seluruh penjuru Indonesia dan rute internasional menuju Kuching, Malaysia, dengan frekuensi mencapai lebih dari 300 penerbangan harian yang di dukung 54 pesawat tipe ATR 72-500/600.

Pada 2018, perseroan akan mendatangkan 20 armada terbaru. Keselamatan, kenyamanan serta keamanan penumpang dan kru pesawat merupakan prioritas utama bagi Lion Air Group.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak