Penyaluran BLT El Nino di Banyuwangi Dihadiri Presiden Jokowi

Rabu, 27 Desember 2023 - 12:22 WIB
loading...
Penyaluran BLT El Nino di Banyuwangi Dihadiri Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menghadiri penyaluran BLT El Nino di Kantorpos Genteng, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (27/12/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANYUWANGI - Kementerian Sosial ( Kemensos )kembalipenyaluran bantuan langsung tunai (BLT) El Nino. Kali ini penyaluran dilakukan di Kantorpos Genteng Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (27/12/2023).

BLT El Nino diberikan kepada 206 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran BLT El Nino ini dihadiri langsung Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dalam rangkaian kegiatan di Banyuwangi. Turut hadir Mendag Zulkifli Hasan, Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, dan Bupati Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Kabupaten Banyuwangi menjadi kota ketiga dalam penyaluran BLT El NIno oleh Presiden Jokowi. Sebanyak 206 KPM hadir di Kantorpos Genteng menerima BLT El Nino senilai Rp400.000.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi didampingi Ketua Satgas Bansos Hendra Sari, dan EVP Regional V Yuli Saputra hadir di lokasi penyaluran BLT El Nino di Banyuwangi. Faizal memastikan pihaknya siap menjalankan amanah pemerintah dalam menyalurkan BLT El Nino.

Dia optimistis Pos Indonesia bisa memenuhi harapan pemerintah agar penyaluran bisa berjalan lancar, cepat, dan tepat waktu. Mengingat, pihaknya sudah memiliki pengalaman dalam mendistribusikan jenis program bantuan-bantuan lainnya.

"Karena penyaluran BLT El Nino ini mekanismenya persis sama dengan penyaluran BLT yang lain, termasuk BPNT sehingga kita sudah punya pengalaman panjang dalam penyaluran uang tunai ini," kata Faizal.

Ada tiga mekanisme yang disiapkan Pos Indonesia agar bisa berjalan dengan lancar. Pertama, mekanisme penyaluran melalui Kantorpos. "Pertama, diambil di Kantorpos kalau jarak rumahnya sekitar 1 kilometer," ujarnya.

Kemudian, mekanisme berikutnya yang diterapkan adalah penyaluran lewat komunitas seperti di RT, RW, kelurahan, dan kecamatan. Terakhir, adalah mekanisme penyaluran langsung ke rumah KPM alias door to door.

"Ketiga, kita antar ke rumah-rumah. Ini dikirimkan untuk mereka yang lansia, orang sakit, atau disabilitas. Kami akan salurkan ke rumah-rumah," lanjutnya.

Dengan menerapkan tiga metode penyaluran tersebut diharapkan penyaluran BLT El Nino dapat selesai sesuai target pada penghujung tahun. "Diharapkan dengan cara ini, Insya Allah sebelum akhir 2023 sudah bisa selesai semua penugasan pada PT Pos Indonesia," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)