Jay Idzes Bongkar Alasan Pilih Timnas Indonesia ketimbang Belanda

Kamis, 28 Desember 2023 - 15:01 WIB
loading...
Jay Idzes Bongkar Alasan Pilih Timnas Indonesia ketimbang Belanda
Jay Idzes Bongkar Alasan Pilih Timnas Indonesia ketimbang Belanda. Foto: MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Calon pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Jay Idzes , mengungkapkan alasan memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) tak luput dari sosok keluarganya. Idzes mengaku sangat bangga bisa mewakili Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Idzes telah resmi menjadi WNI. Pemain Venezia itu resmi menjadi WNI usai mengucap sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Kamis (28/12/2023) pagi WIB.

Idzes merupakan pemain kelahiran Mierlo, Belanda. Namun memang dirinya memiliki darah keturunan Indonesia berasal dari sang ibu, yang mana kakek dan neneknya berasal dari Jakarta.



Pemain berusia 23 tahun itu pun mengungkapkan alasan mengapa dirinya lebih memilih menjadi WNI ketimbang Belanda. Idzes menjelaskan kalau dirinya sangat bangga bisa mewakili tanah kelahiran kakek dan neneknya.

“Karena ini adalah sebuah kehormatan bagi saya bisa mewakili bangsa dan keluarga saya,” kata Idzes kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia, Kamis (28/12/2023).

“Karena kedua kakek-nenek saya mereka dari Indonesia, pindah ke Belanda sudah lama. Jadi ini adalah kebanggaan bisa mewakili keluarga dan bangsa saya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Idzes tak bisa menutupi rasa senangnya karena proses naturalisasinya untuk menjadi WNI telah rampung dalam waktu yang terbilang singkat. Mengingat, pada awal Desember ini, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

“Saya sangat bahagia. Akhirnya kami bisa merampungkan semuanya (proses naturalisasi),” ujar Idzes.

Sebelum Idzes, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan. Pemain yang dimaksud adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)