Operasional TPA Sarimukti Diperpanjang hingga 2028 Gegara TPPAS Legoknangka Belum Siap

Jum'at, 29 Desember 2023 - 13:29 WIB
loading...
Operasional TPA Sarimukti Diperpanjang hingga 2028 Gegara TPPAS Legoknangka Belum Siap
TPA Sarimukti di Cipatat, KBB dipastikan masih bisa menampung sampah dari wilayah Bandung Raya hingga tahun 2028 gara-gara TPPAS Legoknangka belum siap. Foto/MPI/Ferry Bangkit Rizki
A A A
BANDUNG BARAT - TPA Sarimukti di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat dipastikan masih bisa menampung sampah dari wilayah Bandung Raya hingga tahun 2028. Kepastian itu didapat setelah adanya perpanjangan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

"Rencana sampai (tahun) 2028, jadi masih lama. Memang salah satunya karena TPA Legoknangka belum siap juga," terang Koordinator Pengelola TPA Sarimukti, Riswanto saat dihubungi Jumat (29/12/2023).



Seperti diketahui TPA Sarimukti merupakan tempat pembuangan sampah dari wilayah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan KBB.

Riswanto mengatakan zona di TPA Sarimukti akan diperluas 6,3 hektare yang masih berada satu hamparan dengan lokasi pembuangan saat ini.



"Sekarang kita siapkan perluasan, totalnya sekitar 6,3 hektare. Untuk desain sudah dengan konsultan, tinggal pelaksanaannya," kata Riswanto.

Pembangunan dilaksanakan di awal 2024 mendatang dengan target selesai minimal enam bulan pengerjaan. Pihaknya berharap pertengahan tahun zona perluasan bisa digunakan.



"Tinggal pelaksanaan (pembangunan), minimal 6 bulan pembangunan. Syukur-syukur pertengahan 2024 bisa digunakan, tapi kalau nggak (selesai) ya mungkin di akhir tahun 2024," pungkas Riswanto.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4044 seconds (0.1#10.140)