Tak Bisa Andalkan Produksi, Petani Harus Miliki Program Pascapanen

Kamis, 08 Maret 2018 - 18:09 WIB
Tak Bisa Andalkan Produksi, Petani Harus Miliki Program Pascapanen
Tak Bisa Andalkan Produksi, Petani Harus Miliki Program Pascapanen
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa saat ini tingkat kesejahteraan dan pendapatan yang diperoleh petani masih sangat kecil. Salah satu yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya adalah, petani harus memiliki program pascapanen.

(Baca Juga: Kerek Pendapatan Petani, Menko Darmin Ingin Bentuk Cluster Pertanian
Menurutnya, petani tidak bisa hanya mengandalkan bagian dari hasil produksinya. Sebab, selama ini bagian yang diperoleh petani dari hasil produksinya tersebut masih sangat minim.

"Tidak ada cara lain, harus ada pascapanen yang dia peroleh bagiannya. Kita tidak bisa hanya bertumpu kepada harga produk dan produksi," katanya di JCC, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Darmin menilai, harga produk tidaklah menentukan kesejahteraan petani. Sebab, jika hasil panen petani dijual ke penebas maka petani tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

"Kalau belum apa-apa panennya diborong ke penebas, maka petani tidak mendapatkan bagian disitu. Kalau kemudian diborong oleh penebas, kemudian dibawa ke pengiringan makin tidak dapat bagian dan seterusnya," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6996 seconds (0.1#10.140)